SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)

shares |


Search Engine Optimization (SEO)

Menurut Wikipedia, Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas Traffic dari search engine menuju suatu website dengan manfaat mekanisme kerja alami algorotma search engine
Serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis berarti SEO tidak dilakukan dengan satu-dua proses saja dan tidak berdasarkan keberuntungan. Dengan demikian, SEO bukanlah cara cepat untuk memasarkan ebsite anda. Sebaliknya anda harus bekerja cerdas dank eras.
Untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic dari search engine berarti SEO focus pada peningkatan traffic dari search engine, bukan pada iklan PPC (pay per click) atau pada hal lainnya. Bagaimana caranya? Dengan menempati posisi yang bagus di search engine. Posisi bagus yang dimaksud adalah posisi dihalaman awal  bahkan halaman pertama, dan kalau bisa, peringkat teratas untuk kata kuni yang kita tuju.
Manfaat mekanisme kerja alami algoritma search engine berarti dalam melakukan SEO, kita harus memahami cara kerja search engine, seperti bagaimana ia membaca dan mengindeks website, bagaimana ia mengurutkan website rangking.
Mengapa kita butuh SEO ?
Seperti yang sudah disampaikan, untuk melakukan SEO dibutuhkan kerja cerdas dank eras. Tujuan SEO adalah meningkatkan volume dan kualitas traffick dari search engine ke website kita. Dengan menempatkan alamat website kita diposisi teratas atau setidaknya dihalaman pertama hasil pencarian search engine untuk kata kunci tertentu, logikanya website yang menempati posisi teratas dalam hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Jenis SEO
Ada dua jenis SEO, yaitu on page dan off page optimization. On page optimization merupakan optimasi yang dilakukan pada halaman website itu sendiri. Ada beberapa hal yang bisa kita olah dalam optimasi ini, termasuk title tag, header tags, meta description tag, meta keyword. Sedangkan off page optimization adalah optimasi yang dilakukan pada sisi eksternal website misalnya backlinks.
Riset keyword
Hal yang paling penting sebelum melakukan SEO adalah riset keyword. Upaya SEO anda bisa jadi akan sia-sia bila melakukannya untuk keyword yang salah ( walaupun anda merasa benar ), missal saja, anda memiliki usaha bernama CV kereta senja dengan jenis usaha berjualan makanan khas semarang, yaitu wingko babad. Siang dan malam anda melakukan SEO slama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu. Namun, apa yang terjadi? Jumlah pengunjung dan omzet tak kunjung naik.
Pasalnya, selama ini anda ternyata hanya mengoptimasi keyword kereta senja dan memang berhasil membuatnya menduduki peringkat pertama di google. Namun, untuk keyword seperti wingko babad oleh0oleh semarang makanan khas semarang, dan lain-lain, website kereta senja.com justru hanya menempati posisi di halaman puluhan. Pengguna internet yang sedang mencari informasi tentang makanan khas semarang tentu tidak akan mencari kereta senja di google.
Itulah mengapa anda harus melakukan riset keyword dengan baik. Yakni dengan menggunakan berbagai sudut pandang , termasuk sudut pandang pengguna internet yang sama sekali tidak mengetahui produk anda.
Strategi mendatangkan pengunjung ke website
Tanpa pengunjung semua website yang anda buat akan sia-sia. Muali hari ini aanda akan belajar mengenai strategi dan cara mendatangkan visitor ke website anda atau sering disebut traffic generation. Untuk selanjutnyadalam strategi ini kami akan sering menyebutnya dengan istilah traffic yang sama artinya dengan visitor. Dan pada hari ini, kami akan memberikan gambaran besar dan beberapa konsep mendasar dulu tentang traffic agar anda lebih mudah memahami strategi mendatang.
Targeted Traffic
Apa itu targeted Traffic? Secara sederhana bisa diartikan sebagai traffic yang sesuai dengan target. Jika punya website, anda tidak hanya ingin mendapatkan visitor yang sesuai dengan target anda, sebagai contoh, anda punya website dibidang kesehatan, tepatnya menjua vitamin untuk lansia tentu tidak ada gunanya bagi anda jika yang dating adalah orang yang sedang mempersiapkan pesta pernikahan atau orang muda yang ingin menguruskan berat badan. Mereka tidak sesuai dengan target anda. Mereka langsung akan meninggalkan website anda karena menganggap tidak relevan dengan apa yang mereka cari.
Kata kunci dalam strategi mendatangkan traffic adalah relevan. Menghabiskan energy dan waktu untuk mendatangkan traffic yang tidak relevan dengan website anda adalah sia-sia, anda tidak saja rugi dari segi waktu, tenaga, dan uang, tetapi juga akan kecewa dengan hasilnya. Google menjadi sebesar sekarang  karena mereka mengerti pentingnya relevansi. Mereka berjuang menjadikan search engine mereka menghasilkan result yang paling relevan dengan apa yang kita ketik di kotak search.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar