Google Adsense

shares |

AdSense itu program kerja sama periklanan lewat internet yang di selenggarakan Google. Melalui program periklanan AdSense, sipemilik situs web atau blog yang udah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka !!!! 
Pemilik situs web atau blog bisa dapetin pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik sama pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga nyediain AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs bisa dapetin pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. 
Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia blog dan bisnis internet rasanya istilah Google Adsense ini sudah tidak asing lagi. Banyak kisah sukses blogger yang bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari boss Google ini. Google Adsense pada hakikatnya adalah semacam agen atau perantara iklan dalam dunia nyata. Orang atau perusahaan harus mendaftarkan dirinya pada Google untuk bisa beriklan melalui Google Adsense. Fihak inilah yang disebut pemasang iklan atau biasa disebut Advertiser. Nah, iklan-iklan ini kemudian akan ditayangkan pada website atau blog yang juga sudah mendaftar pada Google Adsense. Pemilik website atao blog ini biasa disebut sebagai Publisher. Dengan demikian, nantinya Advertiser akan membayar jasa pengiklanan ini kepada Google dan Google nanti akan membayar imbalan iklan kepada Publisher atas iklan yang diklik oleh pengunjung situsnya Publisher.
Situs yang biasanya diterima sebagai Publisher biasanya adalah situs yang berbahasa Inggris. Situs berbahasa Indonesia biasanya tidak bisa menayangkan iklan Google Adsense ini. Imbalan yang diterima oleh Publisher adalah berdasarkan klik iklan yang dilakukan pengunjung blog atau situs Publisher. Dengan demikian, semakin banyak klik maka semakin besarlah imbalan Dollar yang diterima oleh Publisher. Ketika jumlah imbalannya sudah mencapai angka tertentu, misalnya $50, barulah imbalan tersebut bisa diminta dan Google akan mengirimkan cek kepada pemilik blog atau situs atas imbalan klik iklannya.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar