PageRank ???

shares |

Apa itu PageRank ?



Halo Fren ! selamat datang di blog ane, jika ente baru pertama kali mampir silakan klik ! langganan berita biar kita selalu terkoneksi dan saling bersilaturahmi.
Powered by Wp Greetings Plugin By: Make Money

PageRank adalah sebuah algorithma analis link yang mewakili bobot angka pada setiap elemen hyperlink dari setiap dokumen seperti World Wide Web, dengan tujuan seberapa pentingnya dia. Alogarithma ini bisa diaplikasikan pada jumlah penerimaan sebuah koleksi dalam tanda kutip ataupun referensi.

Description

PageRank pada web menggunakan link struktur sebagai sebuah indikator nilai sebuah halaman. Kenyataannya, Google menginterpretasikan sebuah link dari halaman A ke halaman B sebagai sebuah suara, dari halaman A untuk halaman B. Namun, Google tidak hanya melihat dari sekedar jumlah suara, atau jumlah link halaman yang diterima, ia juga menganalisa halaman yang memberikan suara/link tersebut. Suara yang berasal dari halaman yang penting dan berbobot akan lebih diutamakan dan membuat halaman lain menjadi lebih penting.

Dalam arti lain, sebuah PageRank merupakan voting dari halaman lain pada World Wide Web mengenai betapa pentingnya sebuah halaman web. PageRank dari sebuah halaman didefinisikan tergantung pada jumlah dan nilai PageRank semua halaman yang melakukan link padanya “incoming link”. Sebuah halaman yang di link oleh banyak halaman dengan PageRank yang tinggi akan menerima ranking yang tinggi.

Google memberikan nilai 0-10 untuk setiap halaman web pada Internet; PageRank ini mewakili betapa pentingnya dimata Google. PageRank menggunakan theoretical “probability value” pada alogaritmanya seperti relevansinya terhadap kata kata pencarian pada halaman aktual serta yang dilaporkan oleh Google toolbar juga mempengaruhi PageRank.

History

PageRank awalnya dikembangkan di Stanford University oleh Larry Page dan kemudian Sergey Brin sebagai bagian dari proyek penelitian tentang jenis baru search engine. Proyek ini dimulai tahun 1995 memiliki sebuah functional prototype, yang bernama Google, pada tahun 1998. Tidak lama sesudahnya, Page dan Brin mendirikan Google Inc., perusahaan dibawah Google search engine. Pada saat banyak faktor yang menentukan hasil ranking Google search, PageRank maju terus untuk memberikan pelayanan terhadap basis pada semua tool Google’s web search.
PageRank dibuat berdasarkan citation analysis yang dikembangkan pada tahun 1950an oleh Eugene Garfield di University of Pennsylvania, dan penemu Google’s, Garfield’s bekerja dalam tulisannya. Dengan menelusuri link dari halaman satu ke halaman lainnya, virtual komuniti dari webpages ditemukan. Web link analysis awalnya dikembangkan oleh Jon Kleinberg dan timnya ketika bekerja pada proyek CLEVER di IBM’s Almaden Research Center.

Algorithma

PageRank merupakan probability distribution yang digunakan untuk mewakili halaman yang lain yang mirip dimana seseorang akan secara acak melakukan klik pada link yang menuju pada halaman tersebut. PageRank bisa juga di kalkulasikan sebagai koleksi dokumen. Komputasi PageRank memerlukan beberapa kunci, yang dinamakan “pertalian”, melalui koleksi yang ada untuk memperhitungkan perkiraan nilai PageRank lebih dekat terhadap nilai theoretical sehingga mendekati kebenaran.

Misalnya kita ekspresikan sebagai angka antara 0 and 1. Angka kemungkinan umumnya diekspresikan sebagai “50% berubah” dari sesuatu yang terjadi. Hence, sebuah PageRank dari 0.5 maksudnya adalah bahwa kita anggap seseorang 50% akan melakukan klik pada sembarang link dan didirect ke dokumen itu pada PageRank 0,5.

Simplified algorithm


Bagaimana cara kerja PageRank

Diasumsikan sebuah dunia kecil memiliki 4 halaman: A, B, C dan D. Perkiraan awal PageRank akan dibagi menjadi 4 dokumen ini. Hence, setiap dokumen akan memiliki awal nilai PageRank 0.25. Dalam nilai aslinya, PageRank nilai awalnya adalah 1. Maksudnya bahwa jumlah ini merupakan jumlah nilai semua halaman pada web. Versi PageRank terakhir mengasumsikan kemungkinan antara 0 dan 1. Untuk mudahnya disini hence memberikan nilai awal 0.25. Jika halaman B, C, dan D hanya memiliki link ke A, mereka masing-masing memberi 0.25 PageRank ke A.



Artinya 0.75.

Dengan anggapan bahwa B juga memiliki link ke C, dan D memiliki link kesemua tiga halaman lainnya. Nilai yang diberikan akan dibagi dengan jumlah link yang keluar




Dengan kata lain, PageRank memperhitungkan outbound link L( ) sama dengan nilai PageRank dibagi jumlah outbound link.




Dalam rumus umum, nilai PageRank bisa di tulis :




Damping factor

Beberapa studi telah dilakukan dengan menggunakan damping factor yang berbeda, tetapi pada umumnya damping factor memiliki nilai sekitar 0.85. Damping factor adalah pengurangan dari 1




Google melakukan kalkulasi nilai PageRank setiap melakukan crawls di Web dan menyusun ulang indexnya. Sebagaimana Google menambah jumlah dokumen dalam koleksinya, Nilai inisial PageRank akan berkurang untuk semua dokumen. Ketika melakukan kalkulasi PageRank, halaman tanpa outbound link akan diasumsikan memiliki link ke semua halaman didalam koleksi.




Banyak strategi untuk memanipulasi PageRank telah dilakukan untuk menaikkan nilai rangking melalui advertising link. Google bisa mengetahui semua aktifitas ini. Bahkan pada tahun 2011 ini Google mulai melakukan penalty terhadap situs yang menjual text link untuk tujuan ini. Bagaimana Google mengidentifikasi manipulasi PageRank ini merupakan rahasia Google.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar