Legenda dan Kesenian Gong Si Bolong

shares |

Sebagian besar warga Depok pasti mengetahui sebuah tugu yang berada di daeraha tanah baru,Depok. Tugu itu terletak pada sebuah persimpangan jalan, sehingga jangan heran ketika tugu tersebut menjadi sebuah patokan untuk menunjukan wilayah Tanah Baru.

Namun, sedikit orang yang mengetahui apa sebenarnya Tugu tersebut, Tugu tersebut merupakan Tugu Gong Si Bolong.  Dimana, terdapat replika Gong si Bolong diatas tugu tersebut.
Ditemukannya Gong si Bolong
Sejarah Gong si Bolong termasuk unik, katanya Gong si Bolong  cerita/legenda dari masyarakat Depok. ceritanya neh di mulai abad ke 16, waktu itu Kampung Tanah Baru masih hutan rawa, katanya di kampung tanah baru kalo malem sering terdengar suara gamelan pada malam hari (Horor banget dah apalagi kalo ada sinden yang nyanyi), meski udah dicari disetiap pelosok gak ada yang maen gamelan, jadi ada suara gak ada rupa (nambah horor dong).

tapi tahun 1648, pak Jimin nemuin seperangkat gamelan setelah menelusuri suaranya, tapi gak ada yang maenin tuh gamelan(waduh kok bisa)tempatnya itu disekitar curug Agung di aliran sungai krukut. Pak jimin cuma membawa sebuah gong yang bolong di tempat pukulnya, gendang, dan bende. pas Pak Jimin balik lagi bersama tetangganya untuk menggambil sisa perangkat gamelan itu, gak taunya perangkat gamelan udah ilang gitu aja.  nah Ketiga alat musik itu diberi nama  Si Gledek, karena bunyinya yang nyaring.

Menjadi Kesenian Khas Depok
Gong si Bolong, baru dilengkapi sehingga menjadi satu set gamelan yang bisa dimainkan ketika berada di tangan Pak Tua Galung (Pak Jerah). Pak jerah  melengkapinya dengan satu set gendang, dua set saron, satu set kromong, satu set kedemung, satu set kenong, terompet, bende serta gong besar. Ini pula yang menandai terbentuknya Kelompok Kesenian Gong si Bolong.

Kelompok Kesenian ini ketika tampil menampilkan  serangkaian pertunjukan antara lain ajeng, ngayuban, dan ngbing. Ajeng, adalah permainan gamelan khas Depok, yang dentumannya mirip gamelan Bali. Nayuban, merupakan penampilan tarian Khas asal tanah Baru, yang merupakan cikal bakal tarian doger karawang, dan jaipongan.
 
Berikut ini adalah silsilah kesenian Gong si Bolong yang bersumber dari H Holil (cucu dari H damong Putra dari Pak Tua Jimin tahun 1913)
1.    Pak Tua Jimin (ciganjur)
2.    Pak Anim (curug)
3.    Pak Tua Galung (tanah baru)
4.    Pak Saning (tanah baru)
5.    Nyai Asem (tanah baru)
6.    Pak Bagol (tanah baru)
7.    Pak Buang Jayadi (tanah baru)
8.    Pak Kamsa S atmaja (tanah baru)
9.    Pak Buang Jayadii (tanah baru)

Kesenian Gong si Bolong, telah menjadi kesenian khas Depok. Terlepas benar atau tidak legenda penemuannya. Kesenian ini Patut lah dilestarikan sebagai salah satu kesenian khas dan budaya Depok.

Sumber : Koran Monitor Depok

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar