Pusat Perbelanjaan CINERE MALL DAN DEPOK TOWN SQUARE

shares |


CINERE MALL
Mall Cinere adalah sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di area Cinere, berada di jalan Raya Cinere, Depok, Jawa Barat. Letak mall ini berdepanan dengan Ruko Cinere skt 1 yang berada persis di depan area Cinere. Mal ini dibangun oleh Megapolitan Group. Anchor yang sudah bergabung antara lain Giant Supermarket, Superindo, Pojok Busana, KFC, Dunkin Donuts, A & W, dan bioskop 21 dan yang baru bergabung bread talk , J.Co , dan Baskin Robbins.
Desain fasade pada Cinere Mall sangatlah sederhana, hanya penggunaan ornamen garis, kotak dan segitiga. Bentuk dari bangunanpun hanya susunan dari kubus dan balok, hal ini untuk mempermudah penataan ruang sehingga tidak terdapat ruang mati. Bangunan yang bersifat kubustis dapat lebih mudah untuk diatur penataan ruang dan jarang ditemui ruangan yang tidak terpakai
Awal Juli 1993, Mall Cinere membuka Food Court Mall Cinere yang merupakan food court Mall Cinere. Awal Mei 2007, Hero Supermarket Bangkut, Ia Menjadi Giant Supermarket
Pembangunan mal ini dimulai pada tahun 1991 dan diselesai pada tahun 1992, n
amun baru terealisasi pada tahun 2008, tepatnya pada September 2008. Sebelumnya telah hadir supermarket Hero Supermarket pada tahun 1993 kemudian menyusul Cinere Mall yang membuka cabang ketiganya di Jakarta dan satu-satunya Cinere Mall yang ada di area Cinere. Pojok Busana Department Store dibuka pada tanggal 3 Juli 1993 melengkapi tenant-tenant yang telah hadir. Tenant-tenant baru yang akan hadir antara lain Time Zone dan Superindo
Dahulu McDonalds berada di dalam bangunan, akan tetapi seiring dengan perkembangan McDonald membuat bangunan sendiri yang berada di lahan yang dulunya merupakan lahan parkir. Lokasinya berdekatan dengn Rumah
Sakit Puri Cinere sehingga memberikan keuntungan sendiri bagi kedua belah pihak.
Desain McDonald akan terlihat lebih menonjol dibandingan dengan bangunan, karena warna yang diambil McDonald jauh lebih cerah dibandingkan dengan Cinere Mall.
Desain parkirnya mulai berubah seiring dengan kebutuhan, terdapat perluasan lahan parkir. Parkir motor yang sebelumnya hanya berada di basement, kemudian dipindahkan ke lahan yang berada di sebelah kanan belakang bangunan.

DEPOK TOWN SQUARE
Depok Town Square (atau disingkat Detos) adalah sebuah pusat perbelanjaan di Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia. Mal ini mulai beroperasi tahun 2005, berlokasi di jalan utama Depok yaitu jalan Margonda Raya. Depok Town Square berada di bawah bendera Grup Lippo dan dibangun oleh PT Lippo Karawaci Tbk.
Detos berdiri di area seluas 160.000 m² dengan total areal lahan seluas 24.000 m² menawarkan lebih dari 2.300 unit kios yang terdiri dari exterior shop, speciality shop, open shop, kafe/restoran dan food court. Pusat perbelanjaan itu memiliki area parkir yang mampu menampung sekitar 1.300 mobil.
Pusat perbelanjaan ini menawarkan status kepemilikan secara strata title bagi para tenant.
Tenant besar yang saat ini telah hadir dalam pusat perbelanjaan ini diantaranya Hypermart, Matahari Department Store, Timezone, AW Restaurant, California Fried Chicken, KFC,Popeye, Hoka Hoka Bento, Bucheri dan Cineplex 21.
Depok Town Square lebih cenderung mempergunakan warna - warna cerah dibandingan dengan Cinere Mall. Untuk bentuk fasade jauh lebih terlihat dinamis walaupun sama - sama menggunakan ornamen berupa garis, akan tetapi jauh lebih berani dalam mengolah fasade.
Tidak terdapat bangunan massa lain dalam site, tidak seperti Cinere Mall yang memiliki McDonald yang berdiri sendiri dalam satu lahan yang sama.
Hal yang meresahkan dari Depok Town Square adalah tata pengarahan pengunjung dengan cara memainkan arah escalator. Letak dari Elevatornya tersembunyi sama seperti Cinere Mall, sehingga membuat pengunjung bingung.

Related Posts

2 komentar:

  1. Kepada Manajemen Cinere Mal,
    Seiring dengan makin ramainya pengunjung ke Cinere Mal, mohon diperhatikan juga FASILITAS untuk pengunjung, seperti AC dan TOILET.
    Kalau dua hal ini tidak diperhatikan, sangat disayangkan sekali karena Cinere Mal menjadi tempat yang tidak nyaman...

    BalasHapus
  2. Management cinere mall tolong perhatikan area parkir mall.sangat buruk pelayananny

    BalasHapus