ANALISIS GOOGLE ANALYTICS

shares |

GOOGLE ANALYTICS

Google analytics adalah salah satu fasilitas gratis yang disediakan google. Faslitas ini sangat bermanfaat bagi para webmaster dan para pebisnis online untuk memantau optimalisasi situs, baik situs yang berbasis blog maupun website biasa. Fasilitas ini tampaknya belum begitu banyak dimanfaatkan terutama oleh para webmaster atau para pebisnis online pemula.
Pada menu utama google analytics (tampilan bahasa Indonesia) ada 5 menu utama yaitu: Dasboard, Cerdas, Pengunjung, Sumber Lalu lintas, Konten, dan Sasaran. Dari ke 5 menu utama tersebut ada 3 menu yang menurut saya paling penting untuk diperhatikan, yaitu menu : pengunjungsumber lalu lintas, dan konten.
a. Menu Pengunjung
Pada menu pengunjung ada beberapa sub menu, diantaranya yang paling penting kita lihat adalah pada sub menu trend pengunjung. Pada trend pengunjung kita bisa melihat kunjungan global, kunjungan unik, tayangan halaman dll. Pada bagian ini kita secara detail dapat memantau perkembangan traffik harian situs kita dari berdasarkan bagian-bagian tersebut, apakah menaik atau menurun.

Pada menu pengunjung kita juga dapat melihat perbandingan jumlah pengunjung langsung, referal, dan kunjungan unik. Kunjungan langsung adalah dimana orang mengunjungi situs kita dengan mengetik alamat situs di browser, artinya situs kita telah dikenal orang. Kunjungan referal adalah dimana orang berkunjung melalui situs orang lain yang memuat link kita. Kunjungan unik artinya dimana orang mengunjungi situs kita dari kata kunci yang mereka ketik di sesrch engine.Dengan melihat data-data tersebut kia bisa mengevaluasi sejauh mana kekurangan dan kelebihan situs kita untuk perbaikan selanjutnya.
b. Menu Lalu lintas
Pada menu ini kita dapat memantau dari mana datangnya traffik situs kita misalnya dari mesin pencari mana, dari kata kunci, kunjungan langsung dan kunjungan perujuk. Dari data pada bagian ini kita dapat mengevaluasi seberapa banyak search engine yang mendatangkan traffik pada situs kita. Apabila jumah search engne yang merujuk traffik ke situs kita masih minim, maka kita dapat melakukan perbaikan dengan mensubmit situs kita ke ratusan bahkan ke ribuan search engine yang berasal dari seluruh dunia.
c. Menu Konten
Pada menu ini kita dapat mengevaluasi setiap konten/artikel situs kita. Anda akan melihat jumlah traffik berdasarkan konten situs. Dari data yang ada kita dapat memperbaiki traffik konten kita yang masih minim dengan cara melakukan bookmarking halaman konten kita ke ratusan bahkan ribuan situs social bookmarking.

MENGGUNAKAN GOOGLE ANALITICS
Mendaftar akun dan mensetting Google Analytics
Agar dapat menggunakan google analytics tentunya harus memiliki akun google terlebih dahulu. Untuk mendaftar akun  pergi aja ke http://www.google.com/analytics/. Apabila sudah punyaakun google langsung aja copas aja link ini https://www.google.com/analytics/settings/?hl=in ke browser anda .   Pada tahap awal anda harus mensetting dan meng-add situs kita ke google analytics.
Script google analytics kalau menurut ketentuannya harus disimpan di sebelum tanda </head>, tapi kalau saya (blog wordpress)  di file footer.php diantara </body>  dan </html>.  Mohon maaf untuk bagian ini tidak dapat saya sampaikan secara rinci. Sesuai topik artikel ini lebih kepada penjelasan manfaat google analytics itu sendiri.
Apabila anda belajar di Asian Brain,  bagian ini merupakan materi yang dibahas secara rinci + praktek.. sebab optimalisasi website merupakan bagian yang sangat penting pada ilmu  internet marketing. Perlu saya sampaikan juga, bahwa selain google analytics, fasilitas free  lainnya berkaitan dengan pengelolaan situs yang juga sangat penting adalah  Google Webmaster Tools, atau Pekakas Webmaster. Dengan memanfaatkan fasilitas ini kita dapat mengetahui dengan jelas trouble dan error situs kita dan menjadi data dan informasi lengkap untuk perbaikannya.


Related Posts

1 komentar