Yuuk Belajar Google Analytics :)

shares |


Fungsi Google Analytics


Agency.com menggabungkan desain web terbaik dengan alat pemasaran daring dan Google Analytics untuk meningkatkan rasio konversi pemberi pinjaman hipotek terkemuka ini sebesar 25 persen.

American Cancer Society menggunakan Google Analytics untuk meningkatkan ROI di web dan membantu merawat pasien di seluruh negeri.

Tantangan BuildDirectadalah meningkatkan efisiensi belanja per kuartal senilai 1 juta dolar untuk iklan mesin telusur dan nawala email. Pelajari bagaimana BuildDirect meningkatkan konversi, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan menemukan cara yang lebih baik dalam mengarahkan penjualan daring.

Carolina Rustica meningkatkan penjualan dari hanya secara luring menjadi 85% daring menggunakan Google AdWords, Analytics, Checkout, dan Base.

CKE Restaurants telah menciptakan beberapa dari merek paling inovatif yang dipasarkan di web saat ini. Dengan Google Analytics, CKE menemukan cara untuk mengukur efektifitas kampanye pendongkrak merek mereka.

Discount Tire meningkatkan penjualan daring sebesar 14% dalam minggu pertama penggunaan Google Analytics.

Huffington Post menggunakan Google Apps dan Analytics secara bersamaan untuk mengetahui tren serta membuat konten editorial baru dan menarik jumlah pembaca yang semakin berkembang.

RE/MAX - Metrik yang dapat ditindaklanjuti dari Google Analytics membantu RE/MAX, jaringan waralaba real estat global, untuk mengkaji program internet dan mengarahkan lebih banyak kontak kepada agen dengan biaya yang lebih rendah.

TCHO memperbarui bisnis cokelat berkualitas dengan bantuan Google Analytics.

Vueling menggunakan Google Analytics untuk memperbaiki target belanja iklan, sekaligus meningkatkan konversi dan pangsa pasar.

WeatherBill menjual konsep baru dalam manajemen risiko menggunakan Google Analytics.

Yelp memanfaatkan Google Analytics untuk memperbarui jaringan sosial dan melayani pemirsanya yang berkembang pesat.

WNYC menggunakan Google Analytics dalam membuat konten daring yang menarik untuk "On The Media" NPR dan "Studio 360" PRI.

Di bagian ini kita mencoba menggali fungsi fitur Google Analyitcs lebih mendalam, sayang kan kalau fasilitas gratis ini tidak dipelajari. Kalau anda belum memasangnya, silahkan menginstal dulu dan ikuti petunjuknya seperti telah saya jelaskan Google Analytics bagian 1

(untuk masuk pada pembahasan selanjutnya, saya asumsikan bahwa anda telah memasang google analytics minimal 2 minggu (jika baru, untuk belajar... its ok), klo lebih dari 2 minggu malah lebih baik).

Kembali ke Goggle Analyitcs. Salah satu data yang sangat penting yang ditunjukkan Google Analytics adalah keywords apa yang digunakan pengunjung menemukan blog anda. Karena seringkali rangkaian kata yang digunakan untuk sampai ke blog bahkan keywords yang tidak pernah anda duga dan rencanakan sebelumnya.



Anda tentu sering menembak keywords tertentu dan berharap blog anda nangkring di halaman pertama dan mendapatkan trafik yang melimpah darinya sampe2 anda mengabaikan keywords yang lain. Padahal kadang yang terjadi justru sebaliknya.
Misalnya: anda sering menembak keywords “
bisnis internet”, akan tetapi keywords “belajar bisnis online” justru mendatangkan trafik lebih banyak

Oleh karena itu dengan data yang diberikan Google Analytics, anda bisa me-rangking keywords apa saja yang paling banyak mendatangkan pengunjung dan bagaimana berusaha untuk mengoptimalkannya..

Untuk memahami lebih jauh, sekarang anda lakukan tahapan-tahapan di bawah ini:

Tahap 1: Anda log in dulu ke akun google dan klik “access analytics”

Tahap 2: Klik nama account yang anda pilih. Lalu klik “view reports” pada blog yang ingin anda analisa.

Tahap 3: Sekarang anda berada di dashboard google Analytic. Pada bagian navigasi (sebelah kiri), klik “traffic source” lalu klik “search engines”. Jangan klik keywords dulu karena fokus anda pada trafik google.

Tahap 4: Sekarang anda mendapatkan daftar semua search engine yang mengirimkan pengunjung pada blog anda. Pilih “google” saja. Bila google aja belum tercantum, sebaiknya anda kembali ke blog dan lakukan banyak promosi lagi, he..he.
.

Tahap 5: Sekarang anda mendapatkan daftar semua keywords yang digunakan pengunjung melalui google. Sekarang lihat bagian bawah dan klik “Show Rows” dan pilih 500.

Tahap 6: Sekarang mulai dengan daftar paling atas (keywords yang paling banyak memberi trafik) dan dengan keywords tersebut, temukan di halaman berapakah blog anda? Caranya anda masuk ke alamat di bawah ini:
http://www.google.com/advanced_search

Anda akan menemui form, yang perlu diisi:
all these words: (isi kata kunci yang masuk 5 besar)
Results per page: anda cari dan klik yang 100 results
Language: Indonesian (pilih indonesian saja he..he..)
File type: Biarkan any format saja
Search within a site or domain: (biarkan kosong)
Yang lain biarkan apa adanya

Tahap 7: Klik “Advanced Search”

Tahap 8: Kemudian klik “Edit” di menu bar atas dan klik “Find”. Setelah itu masukkan alamat blog anda di kotak bagian bawah kalau anda menggunakan Mozilla (jangan pakai http:// misalnya: zam-sy.blogspot.com atau www.domainanda.com)

Tahap 9: Lihat hasilnya… dihalaman berapakah blog anda? Hitung diurutan berapa? kemudian bagi 10. Misalnya di rangking 34 berarti blog anda dengan kata kunci tersebut berada di halaman 4. Jika belum tercantum di deretan 100 berarti blog anda diluar halaman 10, jadi masih banyak PR kawan.....

Kesimpulan:
Tujuan kita disini adalah menemukan di halaman berapa keywords yang banyak menghasilkan trafik? Bisa jadi tidak di halaman pertama (masuk 10 besar). Jika demikian, apabila blog anda masuk dalam 10 besar, maka dapat dipastikan bahwa pengunjung yang akan menemukan blog anda akan lebih banyak lagi.

Setelah anda mendapatkan gambaran tentang keywords seperti di atas, tugas anda sekarang adalah mencoba untuk focus pada keywords yang telah terbukti mengirimkan pengunjung ke blog anda. Jadi untuk apa anda fokuskan pada keywords yang bahkan sampai saat ini belum mengirimkan satu pengunjung pun, I think it’s not a good choice.

Dan jika sempat, lakukanlah sebulan sekali untuk membuat list keywords (seperti cara di atas) dan fokuskan pada top 5 keywords untuk ditingkatkan agar dapat nangkring di halaman pertama di google. Dengan langkah tersebut semoga dapat membantu anda memperjelas langkah blog bisnis online anda ke depan..



SELAMAT MENCOBA :) HAPPY BLOGGING :)

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar