VoIP

shares |

Kemajuan kualitas infratruktur internet di Indonesia perlu dibarengi dengan penyajian local content yang tepat bagi para penggunanya. Semaraknya game online merupakan salah satu contoh dari pemanfaatan infrastruktur internet yang tepat di Indonesia. Kendatipun kemajuan yang signifikan masih bertaraf local, hal tersebut tidak perlu menghalangi para pebisnis dan para pengguna internet untuk berhenti berkreasi. VoIP adalah salah satu local content yang perlu dipertimbangkan. Pada generasi telekomunikasi selanjutnya bukanlah tidak mungkin bahwa seluruh jaringan telekomunikasi akan berbasis IP, dan voice sebagai data akan ditransmisikan melalui jaringan tersebut. Kini untuk membangun jaringan VoIP relatif lebih mudah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan kemajuan dalam pengembangan aplikasi Open Source untuk VoIP. Kemajuan tersebut begitu pesat sampai taraf dimana aplikasi Open Source yang tersedia, beberapa diantaranya, dinilai pantas untuk diterapkan dengan status produksi, bukan lagi percobaan dalam lab saja.          Voice over Internet Protokol (VoIP) merupakan teknologi yang mampu melewatkan traffic suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP (Internet Protokol). Inti dari teknologi VoIP adalah data suara dapat disalurkan melalui suatu jaringan berbasis protokol IP. Pada VoIP, suara dirubah menjadi data digital, kemudian diberi nomor dan header yang kemudian dikirimkan ke dalam bentuk paket-paket. Setelah itu, ketika paket sudah sampai pada penerima kemudian paket-paket tersebut dibongkar dan diurutkan kembali. Setelah diurutkan, data suara dirubah kembali menjadi sinyal analog. Serangkaian peristiwa perubahan dari analog ke digital, memaketkan, mengirimkan, menerima, mengurutkan dan mengubah kembali dari digital ke analog inilah yang disebut dengan VoIP. Prinsip VoIP tersebut, sama dengan ketika seseorang memesan sebuah panggung berukuran besar, maka panggung tersebut perlu dibongkar terlebih dahulu. Setelah dibongkar, kemudian panggung tersebut dipaketkan, lalu dikirimkan ke tujuan. Setelah sampai di tujuan, kemudian paket tersebut diurutkan untuk dirangkai menjadi sebuah panggung. Dengan melakukan komunikasi menggunakan VoIP, ada beberapa keuntungan yang dapat diambil. Salah satunya adalah dari segi biaya, jelas lebih murah jika dibandingkan dengan tarif telepon tradisional.
ASTERISK
          Asterisk merupakan salah satu aplikasi open source yang digunakan untuk membangun VoIP. Asterisk sendiri dirilis oleh open source dibawah lisensi GNU General Public License sehingga bisa didownload secara gratis dan merupakan software open source yang sangat populer. Asterisk juga dapat menyediakan layanan voicemail berikut direktorinya. Feature lain yang ada adalah Call Conference, Interactive Voice Response (IVR) dan Call Queuing.
Asterisk juga merupakan switch atau PBX yang dapat dikonfigurasi pada inti sebuah IP, manajemen router, mengaktifkan beberapa fitur serta melakukan koneksi antara penelepon dengan IP komputer yang lain. Aplikasi ini juga dapat berjalan di beberapa sistem operasi seperti Linux, Open BSD, Free BSD, Sun Solaris dan Mac OS X. Arsitektur VoIP telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mendukung semua protokol VoIP. Karena asterisk bersifat open source sehingga dapat dengan mudah menggunakannya tanpa dituntut biaya lisensi
KELEBIHAN VOIP
          Teknologi VoIP sendiri memiliki kelebihan di dalam penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari teknologi VoIP yaitu :
1. Biaya yang sangat murah. Dengan adanya dua lokasi yang terkoneksi atau terhubung dengan internet maka biaya percakapan bisa menjadi sangat murah
2. Memanfaatkan infrastruktur jaringan yang sudah ada untuk suara, apalagi jika suatu perusahaan sudah mempunyai jaringan, sehingga memungkinkan jaringan yang sudah ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah.
3. Jaringan komunikasi yang telah tersebar luas di luar negeri, sehingga memudahkan client untuk melakukan komunikasi dengan biaya yang murah.
4. Penggunaan bandwith yang lebih kecil daripada telepon biasa.5.Memungkinkan untuk digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway, maka bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor sehingga komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar