PageRank itu....

shares |

.
 
PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google.

Namun disini lagi-lagi saya mendapat pengalaman SEO yaitu, bahwa rangking halaman suatu web atau istilahnya pagerank bukanlah suatu indikator rangking suatu halaman secara keseluruhan, jadi pagerank itu adalah rangking halaman per halaman dan bukan untuk keseluruhan situs. Tiap halaman web akan memiliki rangking yang berbeda, karena saya pernah mendapati bahwa salah satu artikel saya terdeteksi memiliki pagerank 2, sedangkan yang lain 0, dan untuk homepage memiliki pagerank 3. Memang sih ada pengaruh pagerank terhadap trafffic blog, tapi tidak mutlak.
Ketika saya melihat siapa blog yang bertengger di halaman satu dan posisi satu dalam hasil pencarian, yang saya dapati adalah suatu blog dofollow yang memiliki pagerank 2, dan di bawahnya diikuti oleh blog yang berpagerank 2-3 (termasuk saya). Nah, dari pengalaman ini terbukti bahwa pagerank suatu blog bukan berarti dapat menentukan bagus atau tidaknya posisi mereka di hasil pencarian mesin pencari, yang terpenting adalah bagaimana suatu halaman tersebut/artikel tersebut mendukung backlink yang banyak, berharga dan sesuai dengan kata kunci. Oiya, ngomong-ngomong, seperti apa ya backlink yang berharga itu? lain kali  akan saya jelaskan, karena hal itu agar panjang :), yang penting tetap selalu jaga backlink, karena kurangnya backlink dapat menjadi penyebab pagerakan turun.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar