Page Rank Opo Meneh? hehe

shares |



Sembari nunggu situs g o d a d d y dot com yang belum terbuka juga (sudah hampir 15 menit! -makin bagus makin lemot ini situs) saya mau nulis sedikit tentang maksud dari Page rank. mudah-mudahan mengurangi pertanyaan bagi orang-orang yang sering mendengar kata-kata seperti update page rank, pagerank google, forged page rank, peringkat halaman, namun masih belum tahu apa maksudnya.

Para pemain dari paid review, atau backlink publisher maupun domainer, pastilah salah satu tujuan utama nya nya adalah mendapatkan pagerank yang setinggi-tingginya dalam tempo sesingkat-singkatnya. mengapa? sebelum ngejawab ada baiknya mengetahui sedikit intro nya;

Page rank itu berpatokan pada Google. Google menggunakan suatu metoda/algoritma canggih (yang tidak diketahui siapapun) dalam menentukan pentingnya sebuah halaman web. Semakin banyak halaman yang terindeks di dalam search engine itu, maka semakin besar lah peluang atau peringkat/posisi nya. simplenya Page rank mempunyai arti peringkat halaman.

Kadang, kita merasa situs/blog kita sudah banyak terindeks, namun jika menurut algoritma google, itu belum pantas diberi ranking, ya pasrah aja. Banyak prediksi-prediksi yang mencoba memecahkan misteri dalam menentukan metoda google untukmenghadiahi page rank pada kita, seperti banyak nya tautan link, traffik yang tinggi etc, namun kadang ada saja yang tidak masuk akal(pengalaman pribadi) ada satu situs saya, yang karena kesalahan hampir dua bulan tidak terisi halaman indexnya..(benar-benar blank) eh, begitu update kok dapat PR 1?, di lain kasus situs yang mati-matian saya promosikan, saya colok dengan konten-konten fresh yang unik kok gak mengalami perubahan. :(

Salah satu algoritma yang di ketahui publik (di publikasikan) adalah:

PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

Dimana:
* PR(A) adalah Pagerank halaman A

* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)

Kalau mau nanya lebih lanjut tentang algoritma diatas silah kan belajar buku albert einstein atau tanyakan pada pembuatnya mr. Lawrence Page dan mr. Sergey Brin :lol:


Google Pagerank mempunyai peringkat, yaitu Pagerank 0 sampai page rank 10. berbeda dengan alexa, makin tinggi angka yang ditunjuk, makin kuat lah dia. nah, coba tebak siapa yang berada di puncak atas atau situs yang memiliki page rank 10? sudah bisa di tebak jawabannya pasti bukan ranyliq.com :lol:

Coba lihat gambar dibawah.

Nah sampai disini setidaknya kita bisa ambil sedikit kesimpulan. semakin banyak halaman situs yang terindeks (dan berguna) pada mesin pencari google maka (besar) kemungkinan page ranknya bakal tinggi(mungkin setelah update). jika kita mencari sesuatu di google maka pada halaman pertama yang ditampilkan adalah situs yang memiliki peringkat paling tinggi dan paling mendekati(serta TIDAK DUPLIKAT). baru kemudian diikuti situs yang memiliki peringkat dibawahnya dan seterusnya. , saya selalu memberitahu, jika ingin situs anda cepat mendapat pagerank maka isilah dengan konten unik, bermanfaat, serta tidak menjebak. Jangan mencari pagerank tinggi dengan menculik isi/halaman dari situs orang, menyebar kata-kata sampah (tembak keyword), ataupun menggunakan otomatis update, jika ketahuan(atau dilaporkan) maka hampir bisa dipastikan situs kita akan di banned total, kalau sudah dibanned tiada lah guna lagi situs itu hidup :lol:, ingat, unik konten itu sangat dihargai oleh google. percayalah.

Saya jadi ingat sebuah pepatah dari orang bule;

JIKA SITUS ANDA TIDAK TERDAPAT PADA HALAMAN PERTAMA PADA HASIL PENCARIAN GOOGLE, MAKA ANDA SUDAH KEHILANGAN SEKITAR 80% CALON PENGUNJUNG.

masuk akal sekali memang, coba aja ketik kata hosting. berapa puluh juta hasilnya? kalau situs kita berada pada halaman 1-5 sih gak terlalu parah,tapi kalau situs kita berada di halaman 197? siapa orang stress yang mau nyari satu persatu :lol:

Bicara Pagerank maka tidak terlepas dari jenis-jenis page rank, ada yang namanya valid pagerank dan forged pagerank/page rank forged kalau valid sudah jelas. halaman situs itu memeng terindeks di google dan tidak menggunakan cara-cara yang kotor.

SELAMAT MENCOBA :) HAPPY BLOGGING :)

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar