Mengenal arti dan maksud google Pagerank

shares |

Apakah Yang Dimaksud Dengan Page Rank?
Yang Dimaksud Dengan Page Rank adalah

sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih
penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Untuk lebih jelasnya gini:

Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.
Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil

Page rank itu berpatokan pada Google. Google menggunakan suatu metoda/algoritma canggih (yang tidak diketahui siapapun) dalam menentukan pentingnya sebuah halaman web. Semakin banyak halaman yang terindeks di dalam search engine itu, maka semakin besar lah peluang atau peringkat/posisi nya. simplenya Page rank mempunyai arti peringkat halaman.

Kadang, kita merasa situs/blog kita sudah banyak terindeks, namun jika menurut algoritma google, itu belum pantas diberi ranking, ya pasrah aja. Banyak prediksi-prediksi yang mencoba memecahkan misteri dalam menentukan metoda google untukmenghadiahi page rank pada kita, seperti banyak nya tautan link, traffik yang tinggi etc, namun kadang ada saja yang tidak masuk akal(pengalaman pribadi) ada satu situs saya, yang karena kesalahan hampir dua bulan tidak terisi halaman indexnya..(benar-benar blank) eh, begitu update kok dapat PR 1?, di lain kasus situs yang mati-matian saya promosikan, saya colok dengan konten-konten fresh yang unik kok gak mengalami perubahan. :( 

Salah satu algoritma yang di ketahui publik (di publikasikan) adalah:

PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Dimana:
* PR(A) adalah Pagerank halaman A
* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)


Kalau mau nanya lebih lanjut tentang algoritma diatas silah kan belajar buku albert einstein atau tanyakan pada pembuatnya mr. Lawrence Page dan mr. Sergey Brin :lol:
Google Pagerank mempunyai peringkat, yaitu Pagerank 0 sampai page rank 10. berbeda dengan alexa, makin tinggi angka yang ditunjuk, makin kuat lah dia. nah, coba tebak siapa yang berada di puncak atas atau situs yang memiliki page rank 10? sudah bisa di tebak jawabannya pasti bukan ranyliq.com :lol:
Coba lihat gambar dibawah.

undefined

Nah sampai disini setidaknya kita bisa ambil sedikit kesimpulan. semakin banyak halaman situs yang terindeks (dan berguna) pada mesin pencari google maka (besar) kemungkinan page ranknya bakal tinggi(mungkin setelah update). jika kita mencari sesuatu di google maka pada halaman pertama yang ditampilkan adalah situs yang memiliki peringkat paling tinggi dan paling mendekati(serta TIDAK DUPLIKAT). baru kemudian diikuti situs yang memiliki peringkat dibawahnya dan seterusnya. , saya selalu memberitahu, jika ingin situs anda cepat mendapat pagerank maka isilah dengan konten unik, bermanfaat, serta tidak menjebak. 

Jangan mencari pagerank tinggi dengan menculik isi/halaman dari situs orang, menyebar kata-kata sampah (tembak keyword), ataupun menggunakan otomatis update, jika ketahuan(atau dilaporkan) maka hampir bisa dipastikan situs kita akan di banned total, kalau sudah dibanned tiada lah guna lagi situs itu hidup :lol: , ingat, unik konten itu sangat dihargai oleh google. percayalah.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar