Kenalan Donk Sama Alexa ... hehe

shares |



Alexa adalah anak perusahaan bagian dari Amazon.com yang menyediakan informasi mengenai kualitas trafik suatu website. Kenapa kualitas dikarenakan Alexa tidak menghitung langsung kunjungan seperti situs statistik pada umumnya, dia mempunyai alogaritma yang di sebut Alexa Rank dimana semakin sedikit angka semakin bagus kualitas trafik suatu situs itu. Alexa Rank selain menunjukan kualitas traffic situs kita, nilai ini bisa dipakai untuk pertimbangan pemasang iklan misalnya di TLA, ReviewMe dan Adbrite (mungkin ada yang menambah).
Beberapa tahun yang lalu sangat populer Alexa toolbar, hanya saja ini tidak parktis dan pengguna IE sekarang sangat sedikit (IE 7 sekalipun). Selain memakai toolbar di IE (tidak praktis), cara meningkatkan adalah memakai widget, yang bisa didapat disinihttp://www.alexa.com/site/site_stats/signup
Untuk pemakai situs joomla tinggal buat new modul dan sisipkan javascript, kalo ingin lebih mudah lagi bisa memakai modul widget alexa sebagai berikut:



Alexa

Menggunakan rumus yang sederhana, yaitu semakin banyak website tersebut dikunjungi (baik menggunakan Alexa Toolbar dsb ataupun tidak) maka peringkatnya semakin bagus.
Jika diperhatikan Google memiliki perhitungan yang KURANG ADIL, karena hanya menghitung backlink, artinya seandainya situs tersebut memiliki pengunjung yang banyak setiap harinya, maka tetap saja page ranknya akan 0 jika tidak ada yang memberikan link kepada website tersebut. Contoh lain apabila ada website yang terdiri dari sedikit halaman dan pengunjungnya sedikit namun backlinknya banyak (baik legal ataupun ilegal) maka website tersebut bisa mendapatkan pr yang tinggi.
Berbeda dengan Alexa, karena logikanya mendukung logika manusia, yaitu situs yang terkenal adalah situs yang dikunjungi banyak orang, dan semakin banyak yang mengunjungi maka ranking website tersebut semakin bagus.



Apa gunanya Alexa ?
Nilai Alexa Rank digunakan oleh advertiser (pemasang iklan) untuk menilai harga space iklan di sebuah website. Bagi advertiser, trafik sangat penting, karena mereka butuh iklannya dilihat oleh banyak orang.
Misal sebuah website dengan rangking Alexa 1.000.000 mempunyai space iklan yang dijual. Sebuah perusahaan advertiser mungkin akan menawar space tersebut dengan harga $5/bulan. Sedangkan website lain dengan Alexa Rank 70.000, perusahaan advertiser yang sama mungkin akan menawar $1,750/bulan untuk space iklan yang sama.
Alexa Rank juga penting ketika Anda berniat untuk menjual website atau domain Anda. Dengan Alexa Rank yang baik, Anda memiliki posisi tawar yang lebih baik pula.
Jika blog Anda tidak memiliki space iklan untuk dijual, atau tidak ada hubungannya sama sekali dengan periklanan, dan Anda tidak berniat menjual domain Anda, maka Anda bisa mengabaikan Alexa Rank.



SELAMAT MENCOBA :) HAPPY BLOGGING :)

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar