kenalan dengan skype yukss :)

shares |

Mungkin diantara kita ada yang belum tahu mengenai skype artikel ini ditujukan untuk sekedar memberi informasi sedikit tentang skype. Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Sehingga dengan mengunakan Skype kita bisa menelpon saudara, pacar, keluarga kita yang ada diluar negeri secara gratis meskipun keluarga kita berada di ujung dunia sekalipun tidakkah itu sangat meyenangkan.
Biasanya untuk menelpon melalui internet saya menggunakan Yahoo Messenger tetapi ketika saya mencoba mengunakna Skype ternyata saya merasa lebih nyaman jika menggunakan Skype. Beberapa kelebihan skype dibandingkan Yahoo Messenger yang saya rasakan adalah :
  • Tampilan pada skype lebih menarik dan interaktif dari pada yahoo messenger.
  • Skype dapat secara otomatis menyimpan hasil chatting kita sehingga kita bisa menutup jendela skype tanpa melakukan proses penyimpanan. Pada yahho messenger hal ini tidak bisa dilakukan karena setiap kita menutup jendela yahoo messenger pasti hasil chatting kita akan terhapus juga.
  • Di skype juga enak untuk mencari teman. Karena terdapat fasilitas find.
  • Kualitas suara yang di hasilkan skype pada saat menelfon lebih bagus dibandingkan yahoo messenger.
Tentunya jika ada kelebihan pasti ada kekurangannya juga sayangnya kapasitas Skype cukup besar Skype memakan 23MB kapasitas hardisk ketika dipasang, dibandingkan dengan Yahoo Messenger yang memakan kapasitas lebih kecil sekitar 10- 15 MB.
Sekarang kita akan membahas tetang cara kerja Skype :
Skype, salah satu palikasi VoIP paling komprehensif
Skype, salah satu palikasi VoIP paling komprehensif
VoIP berhubungan erat dengan teknologi fantastis lainnya, Internet. Alih-alih mengirimkan sinyal lewat jaringan PSTN, baik berupa analog atau digital, aplikasi VoIP menggunakan SIP (Session Initiation Protocol), -sebuah variasi dari protokol standar-, untuk menciptakan paket data dan mengirimnya lewat jaringan yang sama dengan jaringan yang anda pergunakan untuk email dan surfing.
Dengan menggunakan paket data, sebuah teknologi dapat digunakan untuk membawa lebih dari sekedar suara mono yang dilakukan oleh telepon jaman dulu. VoIP mampu membawa data teks, gambar, live video dan stereo sound berkualitas tinggi, tentunya tergantung dari seberapa besar bandwitdh anda.
Perjalanan si paket data akan dimulai dari sisi pengirim, bisa berupa perangkat keras dengan aplikasi khusus seperti “Skype Phones” dan Cisco VoIP phones hingga ke perangkat lunak yang harus diinstall ke terminal ponsel atau ke komputer. Semua perangkat harus mampu untuk mengirim dan menerima paket data melalui jaringan IPv4. Suara yang akan anda kirimkan akan ditangkap dan transkodekan dari format analog (hasil penangkapan oleh microphone) ke format digital, kemudian disampaikan ke kompresor yang akan meminimalisasi ukuran data sehingga memungkinkan untuk ditransfer melalui jaringan yang memiliki koneksi internet yang lambat.
Proses peminimalisasi audio streaming ini dengan cara dipecah-pecah menjadi bagian yang lebih kecil, masing-masing akan cukup kecil sehingga cukup dimuat dalam satu paket, yang kemudian akan diberikan “cap” layaknya di kantor pos untuk alamat tujuan sehingga paket tersebut tidak kesasar kemana-mana. Paket yang telah diberi alamat tersebut lalu dikirimkan melalui jaringan. Pada saat pe”ngecap”an juga akan diberikan kode nomor paket sehingga dapat direkonstruksi ulang menjadi bagian yang utuh tanpa kebolak eh kebalik.
Penerimaan akhir dari paket data tersebut harus merakit kembali paket-paket kecil tadi menjadi suatu bagian yang utuh, dimana hal ini tidak dilakukan oleh jaringan publik, yang rentan terhadap kepadatan data pada saat “jam-jam sibuk” dimana gangguan latensi dan kehilangan paket data sangat rawan terjadi pada saat pemakaian internet mencapai beban puncak (peak hours). Latency dan packet loss dapat mengakibatkan proses rekontruksi tidak berjalan sempurna, akan terdapat sebuah/beberapa space audio yang kosong pada hasil akhirnya (terputus-putus).
Walaupun dianggap jauh lebih fleksibel dibandingkan komunikasi PSTN tradisional, VoIP juga mendapatkan beberapa kritikan, terutama pada saat mati lampu atau terjadi trip (kondisi dimana tegangan listrik turun untuk sesaat) yang dapat mengakibatkan data menjadi hilang. Keharusan dukungan seperti router wireless yang otomatis membutuhkan daya listrik sebagai sumber energi membuatnya menjadi masalah besar bila sumber daya listrik terputus.
Dalam situasi ideal, di mana sebuah koneksi broadband dan listrik yang tersedia setiap waktu, teknologi VoIP memberikan komunikasi yang sangat murah dan komprehensif, mengeliminasi biaya roaming yang dibebankan oleh operator selular untuk panggilan jarak jauh. Banyak konsumen penyedia layanan VoIP menawarkan panggilan gratis pada klien mereka baik berupa komputer-komputer, ponsel dan skype, maupun terminal lainnya. Mereka juga menawarkan interkoneksi ke jaringan tradisional dengan biaya rendah.
Cara Mengunakan Skype kedalam komputer kita :
  1. Karena Skype disediakan gratis kita dapat langsung mendownload skype di http://skype.com
  2. kemudian Kita instal dan kita ikuti semua proses sampai skype terinstal di komputer kita.
  3. Add id/username dari orang yang akan ditambahkan ke skype. Gunakan menu add contact atau search contact. Sebelum menambahkan atau melakukan search kita harus sudah mempunyai username dari orang yang akan ditambahkan.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar