Kelebihan atau Keuntungan Menggunakan VoIP

shares |

Teknologi VoIP menggunakan Internet packet-switching untuk menyediakan layanan telepon. VoIP memiliki beberapa keunggulan dibandingkan switching sirkuit. Sebagai contoh, packet switching memungkinkan beberapa telepon panggilan untuk menempati jumlah ruang yang ditempati oleh satu dalam jaringan circuit-switched.Mari kita katakan bahwa Anda dan teman Anda berdua memiliki layanan melalui penyedia VoIP. Anda berdua memiliki telepon analog yang terhubung ke ATAs . Mari kita lihat lagi panggilan telepon biasa, tapi kali ini dengan menggunakan VoIP melalui jaringan packet-switched:

1. Anda mengambil telepon, yang akan mengirimkan sinyal ke ATA.
2. ATA menerima sinyal dan mengirim nada dial. Hal ini memungkinkan Anda mengetahui bahwa Anda memiliki koneksi ke Internet.
3. Anda menekan nomor telepon pihak yang ingin Anda ajak bicara. Nada akan diubah oleh ATA menjadi data digital dan disimpan sementara.
4. Data nomor telepon ini dikirim dalam bentuk permintaan untuk prosesor panggilan perusahaan VoIP Anda . Prosesor panggilan memeriksanya untuk memastikan bahwa itu dalam format yang valid.
5. Panggilan prosesor menentukan kepada siapa nomor telepon tersebut ditujukan. Dalam pemetaan, nomor telepon diterjemahkan ke alamat IP. Tombol lunak menghubungkan dua perangkat pada kedua ujung panggilan tersebut. Pada ujung yang lain, sinyal dikirim ke teman Anda ATA, mengatakan itu untuk meminta telepon yang terhubung berdering.
6. Setelah teman Anda mengangkat telepon, sesi dibuat antara komputer Anda dan komputer teman Anda. Ini berarti bahwa setiap sistem yang diharapkan mengetahui paket data dari sistem lain. Di tengah, infrastruktur Internet yang normal menangani panggilan seperti menangani e-mail atau halaman Web. Setiap sistem harus menggunakan protokol yang sama untuk berkomunikasi. Sistem menerapkan dua saluran, satu untuk setiap arah, sebagai bagian dari sesi.
7. Anda berbicara untuk jangka waktu tertentu. Selama percakapan, sistem anda dan sistem teman Anda mengirimkan paket bolak-balik ketika ada data yang akan dikirim. ATAs di setiap ujung menerjemahkan paket ini ketika mereka diterima dan dikonversikan ke sinyal audio analog yang Anda dengar. ATA Anda juga menjaga rangkaian antara dirinya dan telepon analog Anda terbuka sambil mengirimkan paket ke dan dari host IP di ujung lainnya.
8. Anda selesai berbicara dan menutup telepon penerima.
9. Ketika Anda menutup telepon, sirkuit yang ditutup antara telepon Anda dan ATA.
10. ATA mengirimkan sinyal ke saklar lunak menghubungkan panggilan, mengakhiri sesi.

Prosesor panggilan sentral adalah hardware khusus untuk menjalankan database / pemetaan program yang disebut soft switch. Lihat "Soft Switch" untuk mempelajari lebih lanjut.

Mungkin salah satu keuntungan yang paling menarik dari packet switching adalah jaringan data yang sudah mengerti teknologi. Dengan bermigrasi ke teknologi ini, jaringan telepon segera mendapatkan kemampuan untuk berkomunikasi seperti cara komputer melakukannya.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar