Google Voip

shares |


VoIP (Voice Over  Internet Protocol) adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP.
 
Keunggulan VoIP adalah :
· Biaya yang sangat murah.
· Mudah dalam penggunaannya.
· Jaringan komunikasi yang telah tersebar luas di Luar Negeri.
· Sudah banyak yang menggunakannya.
 
Kekurangan VoIP adalah :
· Kualitas suara tergantung pada server VoIP yang digunakan, Bandwidth atau kecepatan akses internetnya.
 
Peralatan Yang Di Butuhkan.
· PC yang terhubung ke Internet.
· Telpon VoIP ( baik USB Phone atau Headset).

Adapun yang menyediakan layanan VoIP di indonesia adalah VoipRakyat, Buku VoIPnya pun telah diluncurkan pada Hari Rabu, 31 Januari 2007, yang berjudul "VoIP Rakyat Cikal Bakal Telkom Rakyat". Pada kesempatan itu Onno W. Purbo hadir untuk membagi-bagikan buku yang juga ditandatanganinya langsung. Yang aku kutip seperti diberitakan di situs VoipRakyat. (Aku juga ketinggalan informasi nech he...he... :D ) .
 
Nach kebetulan minggu kemarin aku juga sudah mencoba memanfaatkan fasilitas ini, alhasil memang sangat membantu, kita bisa telponan jaringan internet baik ke sesama member voiprakyat bahkan kita juga bisa nelpon gratis ke PSTN/GSM baik kedalam negeri maupun luar
negeri, klo aku sudah mencobanya kesesama member voiprakyat dan berhasil dengan menggunakan softphonenya X-Lite 3.0 berbasis Linux dan Windows dan headset biasa yang di hubungkan ke komputer yang terhubung internet, kebetulan uji cobanya aku lakukan ditempat kerjaku dengan koneksi internet mengunakan Leased Line dengan bandwith 128 Kbps, hasilnya kualitas suara yang aku terima memang bagus, lalu aku coba lagi dirumah dengan koneksi internet menggunakan telkomnet@instan juga berhasil ,namun kualitas suaranya memang lebih jelas yang menggunakan leased Line yang ada di tempat kerjaku, karena klo telkomnet@instan mungkin semuanya tahu kecepatan bandwithnya berapa gitu :D .
 
Disamping nelpon masih banyak lagi layanan yang diberikan voiprakyat seperti Audio Conference, VideoBlog, instant Messaging, dan lain-lain. Nach bagi yang ingin mencoba memanfaatkan fasilitas ini buruan daftar untuk memperoleh Nomor VoIP Gratis di situs http://voiprakyat.or.id, lalu download software SoftPhone yang akan digunakan, beserta cara penggunaan dalam format *.pdf. seperti aku katakan tadi klo aku menggunakan X-Lite 3.0 panduan cara penggunaan X-Lite 3.0 bisa kmu download disitus voiprakyat.or.id, atau diblog ini, kebetulan aku juga mendokumentasikan untuk pribadi.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar