google alert

shares |

  
google-alertsjpgGoogle Alert salah satu produk dari Google. Manfaatnya, untuk memantau web yang berisi konten-konten menarik yang telah kita pilih dan mengirimkannya ke inbox email kita. Seperti berita terkini, gossip selebriti, tips and triks atau apapun yang kita inginkan. Nah, dari sinilah kita bisa mencari inspirasi buat bahan postingan pada blog kita.

Google Alert adalah salah satu fasilitas dari Google yang bisa kita manfaatkan untuk mendeteksi semua hal yang ada di internet berdasarkan kata kunci yang kita inginkan. Google Alerts adalah pembaruan via email mengenai hasil penelusuran Google terkini (baik itu web, berita, dll.) yang relevan dengan query atau topik pilihan Anda.
Masukkan topik yang ingin dipantau, lalu klik pratinjau untuk melihat jenis hasil yang akan diterima. Beberapa manfaat penggunaan Google Alerts mencakup:
– memantau berita hangat
– mengikuti perkembangan pesaing atau industri
– mendapatkan berita terhangat seputar selebriti atau acara
– mengikuti kabar tim olahraga favorit
– lainnya
Kita semua tahu bahwa Google mengindeks semua halaman web yang ada. Nah, kita dapat meminta Google untuk memonitor kata kunci tertentu yang kita inginkan, dan melaporkanya pada kita begitu dia menemukan halaman yang cocok dengan yang kita mau.
Seperti halnya kita mengetikkan kata kunci di Google Search dan akan muncul SERP [Search Engine Result Page], di Google Alert, kita bisa menerima email pemberitahuan.
Bagaimana Cara Daftar Google Alert?
Tentu saja sudah punya akun Google kan ya? Silahkan buka halaman Google Alert.
Seperti yang terlihat pada gambar, Anda bisa melihat kolom untuk memasukkan kata kunci [keyword] yang ingin dimonitori / diikuti perkembangannya, pilihan jenis media yang akan dimonitori, frekuensi laporan, banyaknya hasil pencarian dan kemana laporan harus dikirim.
1. Keyword Yang Akan Dimonitor.
Apa saja bisa Anda gunakan sebagai kata kunci di Google Alert. Anda bisa memonitor nama Anda, Nama Blog Anda, Tagline Blog, Produk / Brand yang Anda miliki.
Apa gunanya? Ini salah satu fasilitas Google Alert untuk memonitor blog Anda. Tidak semua orang membicarakan hal yang baik tentang Anda dan blog Anda. Bisa jadi mereka bergosip di belakang Anda. Atau membicarakan blog Anda tanpa memberikan link [backlink] pada Anda. Dan atau-atau yang lain. You name it. Nggak ada alasan buat kita untuk tidak mengetahui apa yang orang bicarakan tentang kita kan?
Sebagai contoh saya menggunakan keyword konsultasi pendidikan. Maka, Google akan memberikan Alert ketika menemukan kata konsultasi atau pendidikan atau konsultasi pendidikan.
Supaya tidak tercampur dengan hasil keyword pendidikan, maka ditambahkan tanda kutip pada “konsultasi pendidikan” sehingga dianggap satu kesatuan.
2. Pilihan Media Yang Akan Dimonitor.
Anda bisa menseting sumber media dari berita, blog, web, video, grup atau komprehensif. Apa itu komprehensif? Komprehensif adalah gabungan semua pilihan yang ada.
3. Frekuensi Pelaporan.
Anda boleh memilih diantara tiga: setiap saat, sehari sekali, seminggu sekali.
Pilihan waktu ini bisa disesuaikan dengan media yang kita monitor. Misalnya kita memonitor “pendidikan di luar negeri” yang bersumber dari web, tentu kita ingin mendapatkan Alert dari Google sesegera mungkin. Pilihlah yang pertama.
Misalnya kita memonitor nama blog kita, tentu kita pilih medianya blog juga dong. Emangnya ada ya Web atau News yang akan meliput kita layaknya selebriti? icon lol Memanfaatkan Google Alert Dan lagi pula, rasanya nggak banyak-banyak amat yang akan ngomongin kita, makanya pilihan seminggu sekali bisa dicoba.
Selain itu, yang perlu Anda ketahui, Google Alert dapat Anda edit setiap saat atau Anda hapus kata kunci- kata kunci yang bersifat musiman. Jadi Anda bisa memonitor kejadian bencana, pesta blogger atau event musik tertentu dan lain sebagainya

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar