Google Alert ? Check It Out :)

shares |


MEMANFAATKAN GOOGLE ALERT :)

Sudah pernah denger kan Google Alert? Pasti sudah. Kalau belum, ya silahkan baca tulisan ini sampai habis. Jangan setengah-setengah ya. Apalagi fast reading, bakalan rugi deh.

Google Alert adalah salah satu fasilitas dari Google yang bisa kita manfaatkan untuk mendeteksi semua hal yang ada di internet berdasarkan kata kunci yang kita inginkan. Paham maksudnya?

Kita semua tahu, sebagai salah satu search engine handal, Google akan mengindeks semua halaman web yang ada. Nah, kita dapat meminta Google untuk memonitor kata kunci tertentu yang kita inginkan, dan melaporkanya pada kita begitu dia menemukan halaman yang cocok dengan yang kita mau.

Seperti halnya kita mengetikkan kata kunci di Google Search dan akan muncul SERP [Search Engine Result Page], di Google Alert, kita bisa menerima email pemberitahuan.

Bagaimana Cara Daftar Google Alert?

Tentu saja sudah punya akun Google kan ya? Silahkan buka halaman Google Alert.

Seperti yang terlihat pada gambar, Anda bisa melihat kolom untuk memasukkan kata kunci [keyword] yang ingin dimonitor, pilihan jenis media yang akan dimonitor, frekuensi laporan, banyaknya hasil pencarian dan kemana laporan harus dikirim.

Kita kupas satu per satu ya.

1. Keyword Yang Akan Dimonitor.

Apa saja bisa Anda gunakan sebagai kata kunci di Google Alert. Anda bisa memonitor nama Anda, Nama Blog Anda, Tagline Blog, Produk / Brand yang Anda miliki.

Apa gunanya? Inilah hebadnya kenapa Anda harus memanfaatkan fasilitas Google Alert untuk memonitor blog Anda. Tidak semua orang membicarakan hal yang baik tentang Anda dan blog Anda. Bisa jadi mereka bergosip di belakang Anda. Atau membicarakan blog Anda tanpa memberikan link [backlink] pada Anda. Dan atau-atau yang lain. You name it. Nggak ada alasan buat kita untuk tidak mengetahui apa yang orang bicarakan tentang kita kan?

Sebagai contoh saya menggunakan keyword Isnuansa Maharani. Maka, Google akan memberikan Alert ketika menemukan kata Isnuansa atau Maharani atau Isnuansa Maharani. Tentu saya nggak mau dikirimi Alert oleh Google tentang Maharani karena ada ribuan orang bernama Maharani [kalau Isnuansa sih saya yakin cuma ada satu].

Supaya tidak tercampur dengan hasil Maharani yang ‘bukan saya’, maka ditambahkan tanda kutip pada “Isnuansa Maharani” sehingga dianggap satu kesatuan.

2. Pilihan Media Yang Akan Dimonitor.

Anda bisa menseting sumber media dari berita, blog, web, video, grup atau komprehensif. Apa itu komprehensif? Komprehensif adalah gabungan semua pilihan yang ada.

3. Frekuensi Pelaporan.

Anda boleh memilih diantara tiga: setiap saat, sehari sekali, seminggu sekali.

Pilihan waktu ini bisa disesuaikan dengan media yang kita monitor. Semisal kita memonitor “LOMBA MENULIS” yang bersumber dari web, tentu kita ingin mendapatkan Alert dari Google sesegera mungkin. Pilihlah yang pertama.

Misalnya kita memonitor nama blog kita, tentu kita pilih medianya blog juga dong. Emangnya ada ya Web atau News yang akan meliput kita ? Dan lagi pula, rasanya nggak banyak-banyak amat yang akan ngomongin kita, makanya pilihan seminggu sekali bisa dicoba.

Selain itu, yang perlu Anda ketahui, Google Alert dapat Anda edit setiap saat atau Anda hapus kata kunci- kata kunci yang bersifat musiman. Jadi Anda bisa memonitor kejadian bencana, pesta blogger atau event musik tertentu dan lain sebagainya. Cool kan?

4. Jumlah Alert Yang Akan Diterima.

Pilihan hasil ada dua yaitu samapi dengan 20 dan 50 hasil. Pilihlah salah satu. Bebas.

5. Tujuan Pengiriman Hasil.

Ada dua pilihan juga di sini, yaitu email dan feed. Jika Anda memilih email, ya tentu akan dikirimkan ke Gmail Anda. Jika memilih feed, akan dikirimkan ke alamat Google Reader Anda.

Selain yang disebutkan di atas, apa lagi gunanya Google Reader?



Bagi Anda yang suka mengikuti Kontes SEO, tentu ingin memantau blog semua kompetitor yang menjadi peserta kontes SEO tersebut kan? Selama ini memakai cara apa? Mengetikkan kata kunci di Google Search? Kenapa tidak mencoba Google Alert?



SELAMAT MENCOBA :) HAPPY BLOGGING :)

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar