Google AdWords Itu Apa Ya?

shares |


Ditengah maraknya persaingan antara mesin pencari, Google membuat suatu program periklanan yang dikenal dengan namaGoogle AdWords, yang ditujukan bagi perusahaan atau orang (advertiser) yang ingin memasang iklan melalui Google. Program ini boleh dibilang menjadi satu jawaban bagaimana merancang suatu iklan yang efektif sekaligus efisien.
Selama ini, banyak perusahaan bertidak tidak efisien dan tidak efektif dengan membelanjakan jutaan dana dalam beriklan tanpa bisa tahu apakah iklannya benar-benar dibaca khalayak. Iklan terpampang begitu saja sampai batas waktu tertentu dan harus membayar kembali bila ingin memperpanjang masa pemasangan iklan.
Dengan AdWords, perusahaan bisa menghemat ongkos sekaligus memperoleh kepastian bahwa iklan dibaca oleh mereka yang tertarik. Ini bisa terjadi karena perusahaan atau pihak yang mengiklankan produk atau jasa hanya akan membayar biaya iklan sebatas pada orang yang melakukan klik pada iklan tersebut (pay per click)Selama belum ada orang yang mengklik iklan tersebut, perusahaan tidak akan mengeluarkan biaya walaupun iklan tersebut sudah dipajang.
Mudahnya, AdWords adalah sebuah program iklan yang memungkinkan advertiser (perusahaan atau orang yang ingin memasang iklan) melalakukan promosi melalui Google dengan biaya per klik (CPC = cost per click) yang bisa ditentukan sendiri. Total biaya ini akan habis setelah seberapa kali iklan tersebut di klik oleh pengunjung.
Sebagai contoh mudah, pemilik belajar-sendiri.com (saya sendiri gitu, :D ) memiliki anggaran sebesar $20 dan akan mempromosikan situsnya melalui Google.
Setelah menentukan sendiri biaya per klik (CPC) iklan adalah $1 (misalnya ya…), maka anggaran tersebut akan habis setelah iklan dengan alamat belajar-sendiri.com tersebut diklik oleh pengunjung sebanyak 20 kali.
Lalu, iklannya dipajang dimana ya?
Google akan menayangkan iklan tersebut di halaman pencarian Google. Jika anda pernah mencoba melakukan pencarian melalui Google, anda tentu pernah melihat beberapa iklan AdWords yang dipajang di halaman pencarian tersebut dengan keterangan “ads by Google“.
Iklan yang ada pada kolom “ads by Google” itulah iklan milik perusahaan atau pemajang iklan yang beriklan melalui Google (AdWords).
Cobalah memasukkan kata kunci pada kotak pencarian Google, maka akan muncul beberapa hasil pencarian halaman web dengan kata kunci tersebut dengan keterangan “ads by Google“.
Contoh Tampilan Iklan Google AdWords
Contoh Tampilan Iklan Google AdWords
Beberapa halaman web dengan kategori “ads by Google” tersebut adalah halaman web milik mereka yang melakukan iklan melalui Google AdWords.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar