fungsi dari tools Google Analytics

shares |

Google Webmaster Tools bisa menjadi salah satu cara atau tool yang baik untuk mengevaluasi situs yang kita miliki. syaratnya kita hanya perlu memiliki account google.
dengan adanya account atau id google itu kita bisa melihat hal2 yang direkam oleh robot-nya google. bberapa hal tersebut diantaranya :
1. Status situs di Google dengan menggunakan Site Status Wizard
  • Dengan menggunakan tool site status wizard yang berada di alamat https://www.google.com/webmasters/tools/sitestatus kita bisa melihat atau mengetahui apakah situs yang kita miliki sudah terindeks di google atau belum. cara mengetahuinya hanya dengan mengisikan url di bagian “Enter your site URL below” dan kemudian mengklik next. untuk tools ini kita di harus menggunakan id atau tidak harus login.

2. Menambahkan Situs ke Google.
  • Apabila setelah kita cek ternyata situs yang kita miliki belum terindeks, maka kita bisa menambahkan atau meng-add situs kita dengan Google Webmaster Tools. menambahkan situs di Google Webmaster Tools memiliki perbedaan dengan menambahkan di Addurl-nya google. karena di Google Webmaster Tools kita tidak hanya menambahkan situs, tapi juga sekaligus melakukan verifikasi bahwa situs yang di add tersebut adalah benar milik kita. atau istilah kerennya kita adalah webmaster dari situs tersebut. caranya kita melakukan login ke Google Webmaster Tools lalu masukkan url dan klik Add Site. hasilnya kita bisa melihat status indeks serta apakah situs kita tersebut sudah di-crawl oleh robot google di halaman Overview. dan untuk melakukan verifikasi kita bisa nge-klik link Verify Your Site. dan ini kita lakukan dengan 2 cara, yaitu dengan meta tag atau dengan membuat file html.
3. Submit SiteMap ke Google Webmaster Tools
  • Hal ini bisa kita lakukan agar situs kita bisa dideteksi dan dibaca lebih baik oleh Google Webmaster Tools. caranya klik menu “sitemaps” lalu add sitemap. kemudian pilih jenis sitemap yang akan dikirim ke google, tentukan url dari file sitemapyang ada dan pilih Add General Web Sitemap.
4. Melihat statistik crawl dan distribusi pagerank.
  • Pada bagian statistikdi Google Webmaster Tools juga ada menampilkan distribusi pagerank antar halaman disitus kita dan juga halaman yang memiliki pagerank paling tinggi. kita bisa melihatnya di Crawl Statistics lalu Click Through.
5. Mengetahui pencarian paling banyak ke situs.
  • Untuk ini kita bisa melakukan dengan mengklik Statistic lalu Overview untuk melihat berbagai macam data statistik yang disediakan oleh Google Webmaster Tools. salah satunya Top Search Queries yang akan menampilkan keyword yang paling banyak mengarah ke situs kita. disini ada 2 data yang ditampil;kan, yaitu Top Search queries dan top clicked queries.
6. Memeriksa incoming dan outgoing serta internal link.
  • Google Webmaster Tools menediakan daftar link-link yang menuju ke situs kita atau keluar dari situs maupun link di dalam situs yang kita miliki. caranya kita bisa ngeklik Links lalu Overview, kemudian pilih link yang kita maksud.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar