fungsi dari tool analitycs this is it ???

shares |


Anda mungkin mendengar tentang Google Analytics, apa sih google analytics itu …yang merupakan bagian dari SEO
Intinya saya tidak akan berbelit-belit tentang Google Analytics. penjelasnya kurang lebih seperti ini :
Google Analytics adalah sebuah tool analisa trafik web berbasis web yang disediakan oleh Google Inc. untuk para web developer dan admin web. Tool ini mirip dengan beberapa tool yang ter-include dalam Cpanel, seperti : Webalizer, AwStat, dan sebagainya. Bedanya, tool ini adalah free dan memungkinkan kita untuk melakukan analisa banyak situs pada satu buah akun saja. Sedangkan tool yang ada pada Cpanel, meskipun Open Source, tetap harus membayar lisensi Cpanel yang cukup mahal. Untuk mendaftarkan diri pada Google Analytics, Anda harus memiliki account Gmail terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mengunjungi link ini.
Apa saja sih yang dapat kita lakukan di Google Analytics, saya hanya akan menjelaskan sebagian saja soalnya banyak sih he..he….
Ada apa aja sih di Google Analytic itu diantaranya adalah :
Dihalaman utama (Dashboard) Google Analytics anda bias melihat Traffic Statistik berbentuk garis naik –turun melalui grafik ini kita bias melihat Berapa total pengunjung perhari, perminggu, perbulan bahkan mungkin kalosudah lama pertahun ya.. he..he… maklum lah Blogku belum seumur jagung.
Dalam Google Analytics terdapat 4 Menu Penting Yaitu Visitor, Traffic Sources, Content dan Goal, saya menjelaskan sebagian aja dech dari menu tersebut bagian-bagiannya adalah :
Site Usage
Masih di menu bagian Dashboad kita bisa melihat Menu Site Usage fungsinya untuk melihat berapa Jumlah Pengunjung (visits), Berapa Halaman /page kita yang sering di buka pengunjung (pageviews), berapa bounce rate per hari semakin kecil bounce rate maka semakin optimal dan b agus blog tersebut.
Map Overlay
Di bagian ini kita bisa melihat Grafik Peta, dari Benua atau Negara mana saja asal pengunjung kita, bisanya petanyaa berwarna hijau jika berubah menjadi hijau tua artinya pengunjung di daerah tersebut banyak.
Traffic Sources Overview
Dibagian ini Kita bisa melihat asal traffic biasanya terdiri dari 3 kategori
  1. Search Engine (Yang datang ke Blog kita berasal dari search engine baik google atau yahoo, atau search engine yang lainnya, artinya yang datang ke blog kita karena mencari kata kunci/keyword di google trus ketemu blog kita)
  2. Reffering Sites (maksudnya yang datang ke blog kita bukan melalui search engine melainkan melalui Link situs lain dimana di situs terdapat Link kita, biasanya kebanyakan dari tukeran link atau Back Link)
  3. Direct Traffic (kalo yang satu ini tanpa Search engine atau Reffering site melainkan pengunjung langsung menuliskan blog kita di Browser Mozila atau Internet Explores)
Content Overview
Dibagian ini kita bisa melihat Halaman mana saja sih yang sering di kunjungi oleh Visitor/pengunjung, jadi melalui Content Overview ini kita bisa mengoptimalkan halaman yang sering di kungjungi dengan memperbaiki bahasa, kata2 atau yang lainnya supaya lebih baik lagi.
Pengalaman saya selama menggunakan Google Analytics, yaitu
  1. Dengan Google Analytics Saya bisa mengoptimalkan halaman yang sering di kunjungi yaitu dengan cara memperbaiki Content atau Link yang belum beraturan
  2. Saya bisa melihat Keyword apa saja yang sering di cari pengunjung tapi yang berhubungan dengan Blog saya, jadi kalo sudah tau keywordnya kan saya bisa mengoptimalkan kembali melalui Plugin all-in-one-seo-pack
  3. Saya bisa mencoba beberapa plugin SEO WordPress satu persatu dan saya bisa lihat setelah menggunakan plugin apakah ada perubahan yang signifikan atau malah standar aja per halamannya.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar