shares |



Apakah itu Google AdWords?

Dengan Google AdWords, Anda dapat membuat dan menjalankan iklan untuk bisnis secara cepat dan mudah. Menjalankan iklan di Google dan jaringan iklan kami — berapa pun anggaran Anda, Anda hanya membayar bila pengunjung mengeklik iklan Anda. Cukup kunjungi www.adwords.google.co.id untuk memulai.
Iklan AdWords ditampilkan bersama dengan hasil penelusuran bila pengguna menelusuri Google dengan salah satu kata kunci. Iklan ditampilkan di bawah ‘Pesan sponsor’ di kolom sisi laman penelusuran, dan juga dapat ditampilkan di posisi tambahan di atas hasil penelusuran gratis. Dengan demikian, Anda beriklan kepada pemirsa yang sudah tertarik pada bisnis Anda. Anda juga dapat memilih untuk menampilkan iklan pada situs Jaringan Display di Jaringan Google yang berkembang. Dan Anda dapat memilih penempatan Jaringan Display yang tepat untuk menampilkan iklan, atau membiarkan penargetan kontekstual mencocokkan kata kunci dengan konten.
Anda dapat memilih dari berbagai format iklan, termasuk iklan teks, gambar, dan video, serta dengan mudah melacak kinerja iklan menggunakan laporan yang tersedia di akun.
Tidak ada penagihan bulanan minimum dengan AdWords — Anda hanya dikenakan biaya aktivasi. Pelajari selengkapnya tentang biaya iklan dengan Google AdWords.
Untuk mengetahui selengkapnya tentang Google AdWords atau mulai membuat iklan, kunjungi laman muka AdWords.
Jika ingin mulai beriklan dan Anda mencari agen atau individual untuk membantu, Anda dapat mencoba menggunakan Profesional Periklanan Google yang telah tersertifikasi oleh Google. Pelajari selengkapnya tentang Profesional Periklanan Google atau kunjungi Penelusuran Profesional Google untuk mencari daftar profesional yang memenuhi persyaratan Anda.
Bagaimana Cara Membayar Atau Memasukkan Dana Ke AdWords?
Ada 2 metode dalam pembayaran AdWords, yaitu prepay (bayar di depan) dan postpay (bayar di belakang). Untuk prepay, kita dapat menggunakan transfer bank dan kartu kredit, sedangkan pilihan pembayaran untuk postpay adalah kartu kredit dan kartu debit (saat ini Indonesia belum didukung). Pilihan postpay maupun prepay ini hanya dapat dilakukan di awal pembuatan akun AdWords dan untuk berpindah dari postpay ke prepay atau sebaliknya Anda harus menutup akun AdWords Anda dan membuat akun yang baru.
Bagaimana Mengatasi Quality Score Yang Rendah?
Ada beberapa penyebab rendahnya nilai Quality Score. Misalnya, kurang relevannya antara landing pages dengan iklan yang digunakan atau landing pages dengan kata kunci yang digunakan. CTR yang rendah juga turut menyumbang andil dalam penilaian Quality Score.
Semakin rendah nilai Quality Score dari iklan kita, maka semakin jarang iklan tersebut ditampilkan oleh AdWords. Dampak lain adalah nilai minimum bid akan mengalami peningkatan, bahkan hingga mencapai 10x lipat.
Untuk mengatasinya:
1. Pastikan kata-kata dalam iklan yang Anda gunakan berhubungan dengan landing pages Anda. Cara yang paling mudah, apabila Anda membuat landing pages sendiri, adalah dengan menambahkan / menyisipkan kata-kata yang Anda gunakan dalam iklan ke dalam halaman landing pages Anda tersebut.
2. Pastikan deretan kata kunci yang Anda gunakan berhubungan dengan landing pages Anda. Trik di atas juga dapat diaplikasikan di sini.
3. Tingkatkan kemampuan copywriting Anda untuk menciptakan iklan yang lebih baik, tepat sasaran, dan ber-CTR tinggi.
4. Lakukan eksperimen dengan menggunakan 2-3 variasi iklan untuk masing-masing campaign AdWords Anda. Setelah beberapa hari, buang iklan yang perfomance-nya buruk dan buat variasi iklan yang lain. Ulangi terus langkah tersebut hingga mendapatkan iklan dengan CTR yang optimal.
5. Secara berkala, amati perfomance kata kunci yang Anda gunakan, dan singkirkan kata kunci-kata kunci yang perfomance-nya rendah.
Bagaimana Mengatasi Iklan Yang Tidak Muncul (Impresi Nol) ?
Ada beberapa hal yang menyebabkan iklan yang Anda buat tidak muncul. Yang pertama klasik, nilai bid yang terlalu rendah. Rasanya tidak perlu dijelaskan bahwa nilai bid yang rendah akan mengakibatkan iklan Anda berada dalam klasemen bawah untuk kata kunci yang bersangkutan. Ini tentunya mengurangi kesempatan bagi iklan Anda untuk show off.
Solusinya, jika Anda bermain di search network, pastikan nilai bid Anda sama atau lebih besar dari nilai bid minimum yang dipersyaratkan. Jangan lupa bahwa nilai bid minimum ini bervariasi untuk masing-masing kata kunci yang Anda gunakan. Sedang jika Anda bermain AdWords untuk keperluan affiliate, tidak perlu ragu untuk menawar kata kunci dengan nilai bid yang agak tinggi, misalnya 40-60% dari nilai Max. CPC yang disarankan. Dengan pemilihan produk yang tepat, BEP-nya tidak susah kok.
Penyebab kedua dari malunya iklan Anda untuk tampil adalah adanya advertiser lain yang memasang iklan untuk kata kunci yang sama dengan menggunakan display URL yang sama. Dalam kasus ini, Google AdWords hanya akan memilih satu iklan saja untuk ditampilkan, tentunya yang memiliki kombinasi Quality Score dan nilai bid yang tinggi.
Kelebihan Promosi Menggunakan Google Adwords Dibanding Program Periklanan Lain di Internet
Google Adwords merupakan media promosi online yang sangat populer di internet. Dengan menggunakan Google Adwords Anda bisa menjangkau pasar lebih luas dengan target yang bisa Anda tentukan sendiri, mulai dari yang paling global hingga paling spesifik.
Tak heran di luar sana Google Adwords sudah menjadi tradisi perikalanan online yang kesehariannya banyak digunakan para marketer dunia. Di Indonesia sendiri sebenarnya tak kalah sedikit marketer yang menggunakan media promosi online ini seiring semakin berkembangnya internet di Indonesia terutama mereka yang sudah terbiasa dengan online marketing.
Ada banyak alasan mengapa program periklanan milik Google ini begitu digemari dibanding dengan media promosi periklanan lain. Selain Google sendiri sebagai sebuah perusahaan yang mempunyai branding yang sangat kuat, alasan inilah yang membuat marketer banyak menggunakannya.
Berikut ini 5 keunggulan dan kelebihan Google Adword dibanding dengan media promosi online lainnya:
1. Jangkauan pasar luas
Seperti disebutkan sebelumnya, dengan menggunakan Google Adwords Anda bisa menjangkau pasar yang sangat luas dengan target market Internasional. Anda bisa menentukan pasar sesuka hati sesuai produk. Anda bisa memilih negara mana saja yang menjadi target market.
2. Bisa diukur hasilnya
Berbeda dengan media periklanan lain yang hasilnya kurang bisa diukur secara pasti, katakanlah pasang banner di web-web bidikan Anda,  menggunakan Google Adwords semua kegiatan promosi Anda bisa dilihat lengkap statistiknya mulai berapa kali iklan Anda ditayangkan, berapa kali iklan diklik, kata kunci apa saja yang sering diklik dan sebagainya. Dengan begini Anda bisa melihat efektif atau tidaknya sebuah kampanye iklan.
3. Lebih tertarget
Yang paling menarik dari program periklanan Google Adwords ini adalah iklan Google bisa memfilter sesuai kata kunci yang diketikkan pengunjung. Google akan menampilkan iklan Anda sesuai keinginan pengunjung. Kalaupun iklan Anda muncul di jaringan para publishernya, itupun disesuaikan dengan topik blog publisher tersebut.
Sangat menarik sekali bukan ?;)
4. Hasil cepat
Lain SEO lain Adwords, bila menggunakan SEO hasilnya baru kelihatan setelah melalui proses yang cukup panjang, bisa dibilang lama mulai dari berminggu-minggu, berbulan-bulanan hingga tahunan, maka dengan menggunakan Google Adwords hasilnya jauh lebih cepat, bahkan dalah hitungan menit Anda sudah bisa melihat hasilnya.
5. Kemudahan mengatur budget

Anda bisa mengatur budget sesuai kebutuhan iklan Anda. Misalkan dalam sehari Anda menganggarkan 100.000, maka dalam sehari Google tidak akan mendebate saldo Adwords melebihi budget tersebut . Anda juga bisa melakukan bidding sesuai kata kunci  yang Anda tergetkan.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar