Apa ya tu Affiliates??

shares |



Melalui dunia maya, banyak netpreneur dunia telah lahir dan sukses dengan cemerlang. Beberapa di antaranya memulai dari bisnis kecil-kecilan, tetapi dengan suatu hal yang baru. Dalam hal ini, anda pun bisa melakukannya.
Alasan Berbisnis Internet.
1. Peningkatan pemakaian dan pelanggan internet yang signifikan.
2. Bisnis berbasis internet tidak dibatasi oleh ruang dan wilayah.
3. Modal yang diperlukan kecil.
4. Bisnis berbasis internet bisa berlangsung 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.
5. Bisnis internet bisa berjalan secara otomatis.
6. Tidak membutuhkan ruang kantor, tetapi jika memerlukan kantor pun tidak begitu luas.
7. Anda bisa menjadi bos bagi diri sendiri.
8. Bisnis internet tidak dipengaruhi oleh cuaca, kemacetan lalu lintas, dan hambatan lainnya.
Seperti mempromosikan web anda melulai:
Email.
Auto Responder.
Mailling List.
Promosi manual.
Iklan baris online.
Sistem Affiliate.
Affiliate tampaknya mempunyai masa depan yang cerah. Jika berbagai detail perdagangan online dapat diselesaikan. Maka bukan mustahil affiliate dan internet mengubah struktur dunia usaha secara global.

PENGERTIAN AFFILIATE.

Kata Affiliasi berasal dari bahasa inggris Affiliate yang berarti; bergabung, ikatan, atau yang biasa diterjemahkan sebagai suatu ikatan kerja atau bisnis. Sedangkan Reseller secara bebas dapat diartikan orang yang menjual ulang.suatu produk dengan kesepakatan pembagian komisi dengan pemilikproduk.
Sistem affiliasi adalah suatu sistem pemasaran yang sedang tumbuh pesat di dunia eCommerce karena kehandalannya dalam memperkenalkan produk kebanyak orang dalam waktu singkat dan dengan biaya yang murah. Sebuah perusahaan eCommerce yang menerapkan sistem affiliasi pada sistem pemasarannya tidak perlu membayar karyawan tiap bulan untuk menjual produk-produknya. Karena dalam sistem affiliasi, perusahaan hanya membayar kepada partner hanya ketika terjadi penjualan produk dengan pembagian komisi keuntungan sesuai kontrak kerja dan sistem affiliasi yang digunakan.

Program Affiliate adalah suatu program perkongsian keuntungan yang ditawarkan oleh sebuah masyarakat yang memasarkan produk. Anda akan dibayar konsumen jika berhasil 'menghantar' seseorang pelanggan ke masyarakat tersebut sama halnya secara online (Internet) ataupun offline. Affiliate bolehlah dikatakan seperti 'broker' atau orang tengah yang terlibat didalam perniagaan konvensional yang biasa kita temui.
Affiliate merupakan kaedah perniagan yang berteraskan perkongsian keuntungan yang ditawarkan oleh seseorang pemilik laman web perniagaan sekiranya anda berhasil menghasilkan jualan terhadap produk mereka.
Dalam kata lain anda hanya perlu mempromosikan produk tersebut dan menerima komisi sekiranya promosi yang dijalankan berhasil di jual.

JENIS-JENIS AFFILITE.
1. Pay-Per Sale Affiliate Program
Dalam kaedah ini, kita akan memperoleh keuntungan apabila seseorang membeli produk melalui affiliate link kita. Cotohnya produk yang biasa dipasarkan dengan menggunakan cara ini adalah penjualan ebook ataupun perisian. Biasanya keuntungan yang diperoleh hingga 80%. Keuntungan ini biasanya ditetapkan oleh affiliate merchant. Selain itu ada juga affiliate merchant yang menetapkan keuntungan yang akan mereka bayar kurang dari 50%.
2. Recurring Affiliate Program
Dalam program recurring, affliate merchant akan memberi keuntungan kepada kita secara tetap ataupun berkala. Biasanya program ini ditawarkan kepada kita karena menyertai suatu produk dengan bayaran secara bulanan.
Contohnya adalah seperti webhosting, autoresponder ataupun membership website seperti affiliate classroom Walaupun keuntungan yang diterima dengan jumlah yang kecil tetapi program ini tetap memberi kelebihan kepada kita. kenapa? Ini adalah karena, kita boleh menerima keuntungan selagi pelanggan membayarnya setiap bulan. Sebagai contoh kita lihat affiliate classroom. Untuk menyertai program ini kita perlu membayar produk yang disediakan setiap bulan sebanyak $47. Jika kita ingin mendapat keuntungan dari apa yang telah kita kerjakan, kita hanya mempromosi affiliate classroom menggunakan affiliate link. Di mana jika ada pelanggan yang menyukai affiliate classroom melalui afffiliate link kita, Kita akan menerima keuntungan setiap bulan.

3. Pay Per Lead Affiliate Program
Pay-per-lead adalah jenis affiliate program yang menerima keuntungan untuk setiap prospek (leads) dengan kelayakan tertentu yang kita bawa ke website merchant melalui affiliate link. Affiliate merchant akan memutuskan adakah leads yang kita bawa memenuhi kelayakan yang mereka tetapkan atau tidak.
4. Pay-Per-Click Affiliate Program
Pay-Per-Click Affiliate Program merupakan satu program yang unik. Ini adalah karena anda akan mendapat bayaran apabila link iklan di website anda di klik oleh pengunjung. Beberapa masyarakat tertentu yang bersedia membayar apabila link iklan mereka di klik oleh pengunjung di website anda. Anda hanya perlu menyediakan ruang iklan di website anda untuk program sebegini.
5. Pay-Per-Search Affiliate Program
Pay-Per-Search Affiliate Program ini hampir serupa dengan pay-per-click. Perbedaannya hanyalah pada modelnya saja. Melalui program ini anda akan menerima bayaran apabila pengunjung di website anda mencari program dengan menggunakan ?search box? yang telah anda tempatkan di website anda. Untuk lebih jelas, anda pasti mengetahui search engine seperti Google.com ataupun yahoo.com. Ya, pay-per-search adalah sama seperti search engine di mana program ini akan menjadikan website anda sebagai search engine. Anda perlu menempatkan ?search box? di website anda, jika ada pengunjung menggunakannya dan klik pada link yang dipaparkan, anda akan menerima bayarannya.
6. Hybrid Programs
Hybrid Programs adalah di mana affiliate merchant menggabungkan beberapa program bayaran yang berbeda Sebagai contoh Affiliate merchant akan menawarkan $0.10 setiap kali pengunjung website akan klik pada link iklan mereka dan apabila ada pengunjung yang membeli produk mereka, affiliate merchant akan membayar keuntungan sebanyak 15% kepada anda.

7 ALASAN MEMULAI PROGRAM AFFILIATE.
Anda punya situs web? Terbiasa dengan komunikasi via email? Mengapa tidak yang satu ini yaitu dengan mengikuti program bisnis afiliasi? Yaitu untuk menambah uang Anda.
Ada begitu banyak kesempatan bisnis di Internet. Hampir semuanya memang membutuhkan dana. Tetapi, tidak dengan program afiliasi!
Berikut ini adalah 7 alasan mengapa anda harus mempertimbangkan untuk bergabung dengan progran afiliasi dari rumah anda.
1.Bergabung dengan program afiliasi tidak perlu mengeluarkan dana. Benar-benar tidak perlu! Anda dapat bergabung dengan sebuah program afiliasi tanpa harus mengeluarkan biaya dan dapat segera mempromosikan produk anda.
2.Sarana dan prasarana untuk pemasaran lewat internet sudah disediakan untuk anda. Sebuah situs web yang menawarkan program afiliasi yg 'bagus' pasti akan memberikan banyak sarana afiliasi pemasaran yang bersifat 'siap pakai'. Anda hanya tinggal meng- 'copy dan paste' dan memasukkan kode afiliasi anda. Kemudian, mulailah menjual.
3. Anda tidak butuh sebuah produk. Akan menghabiskan BANYAK waktu untuk mengembangkan produk anda untuk dijual secara online. Dengan program afiliasi, produk tersebut sudah ada di sana. Orang lain yang akan mengerjakannya, bukan anda.
4. Statistik afiliasi sudah disediakan sebagai bagian dari sistem mereka, karena Anda bergabung dengan program afiliasi. Anda tidak perlu pergi dan membeli perangkat lunak yang mahal untuk melacak penjualan anda karena pemilik produk sudah menyiapkannya untuk anda. Anda bahkan tidak perlu membayarnya, gratis!
5. Tidak dibutuhan waktu untuk memulainya. Kebanyakan bisnis butuh suatu waktu dalam fase 'start up'. Dengan program pemasaran afiliasi, maka anda tidak membutuhkan waktu 'start up' itu semua lagi. Pada waktu anda bergabung, anda dapat langsung menjual.
6. Anda tidak perlu kuatir lagi berkenaan administrasi penjualan dan dukungan teknis lainnya. Pemilik produk sudah akan mengurus proses penjualannya dan semua layanan purna jual. Yang hanya perlu anda kuatirkan adalah menerima cek afiliasi anda!
7. Anda tidak perlu kuatir untuk kontak langsung pelanggan Anda. Di dalam sebuah program pemasaran afiliasi, anda adalah seorang 'reseller' sehingga jika pelanggan mengajukan komplain mereka akan menghubungi pemilik produk, dan bukan anda..

APA ITU AFFILIATE MARKETING.
Bila Anda ingin memulai bekerja sebagai Internet Marketer / memulai suatu bisnis di internet, Anda harus paham mengenai Affiliate/Internet Marketing. Karena dalam menjalankan bisnis internet dan untuk mendapatkan penghasilkan dari internet tidak lepas dari affiliate marketing.

PEMASARAN MELALUI AFFILIATE.
Apa yang dimaksud dengan Pemasaran melalui Afiliasi?
Penjualan afiliasi telah berubah menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk situs-situs "content-driven" untuk menghasilkan keuntungan tanpa harus langsung menawarkannya kepada para tamunya. Hanya melalui spanduk, teks dan artikel yang sah dimana isi situsnya menjelaskan produk-produk yang ia sukai dan gunakan.
Penjualan jenis ini memiliki sebuah keuntungan untuk ketiga segi yang terlibat. Akan ada banyak keuntungan bagi para pedagang untuk mengembangkan penjualan melalui web, karena situs-situs afiliasi menghasilkan banyak keuntungan dan bagi para konsumen dapat menemukan informasi tentang produk-produk yang mereka inginkan tanpa harus "terlihat wajah mereka".
Pemasaran afiliasi dapat diaplikasikan untuk tiga model bisnis, yaitu ;
1. Memberikan Komisi hasil penjualan dari produk yang di-refer
2. Memberikan komisi karena telah me-refer sejumlah prospek
tanpa mempedulikan mereka beli atau tidak (dengan tujuan
pertama-tama membangun "brand" saja)
3. Memberikan komisi karena telah me-refer sejumlah orang agar
"subscribe" ke Opt-In list Anda.

Bagaimana cara bekerjanya?
Dengan Penjualan Afiliasi, seorang pedagang mengambil isi situs sebagai partner afiliasi mereka dalam pasar untuk meraih komisi. Pedagang menyediakan spanduk iklan yang tersambung ke afiliasi mereka dan menentukan sebuah komisi untuk setiap click ke situs mereka, berlangganan ke service mereka (sebuah leads/prospek untuk menjadi kastamer), atau membeli produk mereka yang dihasilkan dari "link".
Afiliasi menempatkan pelacakan kode iklan-iklan ini untuk dimasukkan ke dalam halaman-halaman Web mereka. Kapanpun seorang pengunjung masuk ke situs afiliasi dengan menggunakan link ini untuk menghasilkan sebuah "click-through, petunjuk, atau penjualan barang dimana transaksinya dapat dilacak secara online. Jika sebuah produk atau jasa debeli, maka pelanggan membayar langsung, dan mendapat komisi atas transaksi tersebut.

Mengapa efektif!
Ribuan orang di seluruh dunia telah menggunakan sebuah website e-commerce yang diaktifkan. Tetapi, kebanyakan tidak memiliki waktu, kesabaran atau keinginan untuk memenangkan persaingan dalam menciptakan produk yang eksklusif dari awalnya, mempelajari setiap detail bahwa ada yang harus diketahui tentang iklan online dan e-commerce dan kemudian men-set up sebuah website untuk dijual.
Orang-orang yang sibuk seperti anda dan saya mamiliki alternatif dan kesempatan yang baik dalam bisnis afiliasi. Karena anda masih dapat memilki website yang bagus dengan isi sebanyak yang anda inginkan dan menghasilkan berlimpah penjualan darinya tanpa harus melalui persaingan dalam membangun produk anda sendiri. Ditambah lagi, banyak produk yang dapat anda jual melalui program afiliasi telah memiliki catatan penjualan yang telah terbukti yang adalah produk berkualitas tinggi yang telah dicari orang-orang.

KUNCI SUKSES AFFILIATE.
Berikut ini adalah beberapa kunci sukses dalam menjalankan affiliasi program :
1. Pilih program affiliasi yang memilik produk-produk yang bagus, berguna, disukai banyak orang, best seller atau memiliki nilai penjualan tinggi. Jika anda bergabung di sebuah affiliasi yang produknya biasa saja dan tidak diminati banyak orang maka bagaimana mungkin anda bisa melakukan penjualan atau perekrutan member baru.?
2. Pilih program affiliasi yang memiliki seles letter paling menarik. dan persuasif.
Memiliki produk yang bagus bukanlah satu-satunya alasan seorang pengunjung situs untuk membeli atau bergabung pada sebuah affiliasi. Selles letter yang persuasif dan menarik minat pembaca untuk melakukan keputusan "YA saya harus membeli produk ini " atau " YES saya harus nergabung dengan program affiliasi ini.
3. Pilih program affiliasi yang memberikan peluang residual income atau passif Income.
4. Pilih program affiliasi yang terbukti sukses dan banyak peminatnya.
5. Pilih dan konsentrasilah pada beberapa program affiliasi saja.
6. Perhatikan Kredibilitas Pengelolanya.
Pastikan program yang anda ikuti pengelolanya dapat dipercaya..Pastikan anda tahu alamat pengelolanya atau adminnya yang bisa di hubungi dengan mudah.Pastikan alamat email, no telp dan kalau perlu alamat rumahnya atau kantor adalah alamat yang benar. dan bukan alamat fiktif.
7. Lakukan tugas anda satu-satunya dengan baik.
Setelah anda menjadi member sebuah affiliasi maka satu-satunya ' tugas " yang harus anda lakukan adalah mempromosikan program tersebut. Makin banyak orang melihat iklan anda makin banyak yang berkunjung ke website anda. makin banyak yang berkunjung ke website anda maka makin banyak yang kemungkinan orang yang akan membeli produk anda. Ini berarti makin besar pula penghasilan anda.
8.Jika anda mau bergabung pada ssebuah program affiliasi / mlm bergabunglah hanya lewat sponsor atau upline yang berkualitas.
Berkualitas disini maksudnya adalah sponsor atau upline yang telah berpengalaman dan rajin untuk terus melakukan promosi dan bersedia melakukan dukungan serta support penuh pada anda jika mengalami kesulitan. Selain itu " sponsor yang berkualitas akan sangat berguna pada program yang menggunakan sisten spillover. Jika anda bergabung lewat sponsor atau upline yang rajin berpromosi maka anda akan mendapatkan limpahan member "spill over " maupun randomizeer" darinya.

KESIMPULAN.

Affiliate adalah satu program pemasaran yang sah dan sangat berkesan di Internet dan mempromosikan sesuatu produk atau service di website anda. Affiliate adalah ejen jualan untuk sesuatu produk. Mereka akan dibayar apabila mereka menjual sesuatu produk, biasanya dalam bentuk komisen.Lebih banyak yang mereka jual, lebih banyak yang mereka perolehi.Mempromosikan sesuatu produk pihak lain di website anda boleh menjana pendapatan anda yang lumayan. :)

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar