APA ITU SEO ?/?

shares |



Sebelumnya, penulis ingin jujur bahwa penulis merupakan sesosok baru di bidang SEO yang akan kita bahas pada tulisan ini. Pada saat pertama nge-blog (blogging) dulu (sekitar 2 tahun yang lalu), penulis hanya memahami bermain blog sebagai tempat menyalurkan ide-ide, pandangan, pengalaman, gambar-gambar, dan lain sebagainya. Sangat sedikit waktu yang penulis tuangkan untuk mencoba merambah lebih jauh tentang blog. Sampai pada akhirnya penulis gelisah, menemukan suatu ketidakbiasaan pada saat berada dalam dunia blog ini. Apalagi kalau bukan tingkat popularitas. Tentu sebagai manusia biasa yang punya naluri penulis ingin dikenal oleh pengguna internet, dan untuk mewujudkan itu maka setidak-tidaknya blog yang penulis miliki harus sering ditemui pada saat orang-orang browsing di internet. Entah itu karena keyword yang orang lain ketikkan yang sama dengan konten blog, ataukah hal lain yang mungkin bisa memberikan koneksi langsung antara pencari informasi dengan pemilik blog.

Hal tersebut di atas yang kemudian mendasari penulis untuk menemukan jawaban kegelisahan penulis pada saat itu. Dan ternyata jawabannya hanya ada 3 huruf, yaitu 
SEO. Singkatan dari Search Engine Optimization. Kebetulan penulis sudah ada sedikit pengetahuan tentang SEO, maka dalam tulisan ini penulis coba berikan untuk anda.

***
Banyak pemahaman tentang SEO. Tapi dari sekian banyak itu intinya tetap sama, SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah metode atau cara agar Search Engine selalu mengindex --menemukan-- website/blog kita di internet. SEO memungkinkan website/blog kita untuk tampil di halaman utama sebuah search engine melalui proses pencarian menggunakan keyword di search engine tersebut. Bahkan ada yang menyatakan bahwa SEO merupakan proses yang sangat sakral dalam membangun sebuah website/blog untuk bisa dikatakan berhasil. Alasannya karena sebuah website/blog belum dapat dikatakan berhasil jika sulit ditemukan pada halaman utama sebuah Search Engine atau mesin pencari populer seperti
google dan yahoo.

Bila sebuah website/blog menempati posisi teratas pada hasil pencarian, tentu akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Logis memang, penulis sendiri kalau mencari sesuatu di search engine paling jauh melihat-lihat sampai ke halaman 3 saja. Sebuah alasan yang sangat masuk akal mengatakan bahwa ada sebuah website/blog yang tidak berhasil karena sepi pengunjung. Bagaimana mungkin mendatangkan pengunjung, meningkatkan traffic dan mendapatkan Page Rank yang bagus pada website/blog jika halaman-halaman kita sulit ditemukan oleh mesin pencari populer.

Pada kenyataannya bahwa hampir 90% pengunjung baru akan menemukan sebuah website dari hasil Search Engine dan Search Directory dengan keyword tertentu. Inilah yang menjadi faktor menarik untuk mempelajari SEO karena mereka --pengunjung-- kebanyakan datang dengan 
keyword ataukeyphrase tertentu sehingga dapat menemukan situs yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan. Bidang SEO ini adalah tugas dan tantangan seorang webmaster untuk mengoptimalkan sebuah website/blog dengan cara memperbaiki struktur tag-tag HTML tertentu pada halaman web.

Pendapat lain tentang SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO sendiri sangat jelas bahwa mengupayakan sebuah website/blog untuk selalu berada di halaman terdepan dan teratas dari suatu search engine. Website/blog dengan selalu menempati posisi teratas di sebuah mesin pencari maka besar kemungkinan website/blog kita sering dikunjungi.

Algoritma dan mekanisme suatu search engine tidak bisa diprediksi dengan benar. Banyak faktor dan syarat yang tidak bisa kita ketahui, hal ini pula-lah selain dari kemampuan mengkoneksikan website/blog dengan keyword yang pengunjung ketikkan yang menjadi perhatian kebanyakan webmaster atau blogmaster untuk selalu mendalami SEO. SEO diibaratkan sebagai "misteri" yang sangat menarik untuk dibongkar isi terdalamnya.

Dari berbagai penjelasan tentang SEO di atas maka penulis merekomendasikan kesimpulan terkait pengertian, fungsi dan tujuan SEO itu sendiri.

SEO merupakan sebuah cara menjadikan website/blog populer di sebuah mesin pencari. Serangkaian proses dalam SEO memungkinkan website/blog untuk selalu tampil di halaman terdepan sebuah mesin pencari ketika pencari informasi mengetikkan keyword yang relevan dengan website/blog. Semakin banyak orang yang berkunjung ke website/blog anda semakin tenar keberadaan anda di internet, lalu lintas kunjungan semakin ramai, page rank website/blog akan terdongkrak menjadi lebih baik dan mesin pencari akan semakin mudah mengindex website/blog anda. Semua itu tidak terlepas dari SEO (Search Engine Optimization).

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar