Affiliates

shares |

APA ITU AFFILIATE MARKETING

Affiliate Marketing adalah salah satu cara memperoleh penghasilan dari internet. Di dunia bisnis offline tentu kita pernah mendengar istilah agen, broker, maupun reseller. Sistem kerjanya yaitu, mereka yang berhasil menjual barang atau jasa dari pemilik produk/jasa akan mendapatkan komisi. Nah, di dunia bisnis online, affiliate marketing juga menerapkan sistem ini.

Affiliate Marketing termasuk sebuah bisnis besar. Diperkirakan bisnis ini bernilai sekitar 14 juta dollar setiap tahunnya. Dalam affiliate marketing, kita dibayar kalau kita berhasil menjual produk/jasa seorang merchant atau affiliate merchant.

Merchant atau affiliate merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang mereka pasarkan melalui internet. Sementara orang-orang yang tidak memiliki produk/jasa untuk dijual, bisa membantu affiliate merchant tersebut dalam menjualkan produknya. Untuk setiap produk yang terjual, mereka akan mendapatkan komisi.

Nah, orang-orang yang menghasilkan uang dengan cara tersebut di atas disebut "affiliate marketers" atau affiliate. Kadang-kadang mereka juga disebut "associates" atau "program partners".

Kalau kita mendaftarkan diri pada "affiliate program" milik affiliate merchant, artinya kita mendaftarkan diri menjadi salah satu anggota jajaran sales online mereka. Affiliate merchant hanya memberikan komisi kepada affiliate marketers hanya bila mereka berhasil menjual produk/jasa yang ditawarkan.

Bagaimana cara kerja affiliate marketing ini? Dalam dunia bisnis online, semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui "link khusus" atau dikenal dengan istilah "affiliate link". Affiliate link ini diberikan oleh affiliate merchant (pemilik barang/jasa).

Misalnya, kita menemukan sebuah produk bagus yang ditawarkan di internet. Pemilik produk membuka program affiliate & menawarkan komisi sebesar 40% untuk setiap produk yang terjual.

Kemudian kita bisa langsung mendaftarkan diri menjadi affiliate marketernya dengan mengisi sebuah form yang sudah disediakan melalui situs yang ada. Biasanya merchant akan meminta kita untuk mengisi nama, alamat lengkap, nama penerima "cek" (untuk komisi), email, nomor telepon, dan sebagainya.

Selanjutnya kita akan diminta untuk membaca "affiliate agreement" (perjanjian affiliate). Affiliate agreement adalah sebuah dokumen legal yang mengikat kita dengan affiliate merchant. Isinya biasanya menyatakan kesepakatan kita terhadap syarat & ketentuan yang diterapkan oleh affiliate merchant, seperti tidak boleh mengirimkan email spam (email komersial yang tidak diminta oleh pemilik email tersebut).

Affiliate agreement ini penting karena jika kita melanggar syarat dan ketentuan yang telah tertulis di sana, affiliate merchant bisa menunda pembayaran atau bahkan mengeluarkan kita dari affiliate program mereka.

Nah, setelah kita menyatakan bersedia mematuhi affiliate agreement tersebut, affiliate merchant akan memberikan sebuah "affiliate link" untuk kita. Tugas kita selanjutnya adalah mempromosikan affiliate link tersebut sampai terjadi transaksi penjualan atau pembelian. Enaknya, kita tidak usah pusing tentang stok barang, pengiriman, administrasi pembayaran, dsb. Serahkan semua pada merchant, biar merchant yang urus. Tugas kita hanya berpromosi, TITIK.

Contoh merchant yang menyediakan program affiliate ini semisal Amazon.com yang menjual buku. Asian Brain yang menyediakan program affiliate untuk produk sekolah internet marketing (www.BelajarBisnisInternetAhira.com). Untuk produk fashion ada fashion bug, fashion fabrics club, dsb.

Intinya, semua produk/jasa yang dijual di dunia offline bisa juga dijual di dunia online/internet. Baik itu tshirt, buku, komik, CD, jasa konsultan, jasa design, dsb.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar