APA GOOGLE ANALYTICS

shares |


google_logoGoogle Analytics atau yang biasa disingkat GA merupakan salah satu tool yang dimiliki oleh Google. Google Analytics merupakan sebuah tool analisa trafik web berbasis web yang disediakan oleh Google Inc. untuk para web developer dan admin web. Tool ini mirip dengan beberapa tool yang ter-include dalamCpanel, seperti : WebalizerAwStat, dan sebagainya. Keuntungan lebih yang dimiliki oleh GA adalah tool ini bersifat free, tidak harus mengeluarkan uang untuk menyewa cpanel dan juga kita bisa melakukan analisa untuk banyak website hanya dengan satu akun GA saja.
Untuk mendaftarkan site kita ke GA kita harus memiliki akun gmail terlebih dahulu, pastinya sebagian besar dari kita telah memiliki akun di Gmail atau bisa langsung aja menuju ke sini untuk mendaftar. Bila telah memilik akun gmail langsung aja menuju ke tab “New Tracking Code” untuk memasang kode tracking GA agar website atau blog kita bisa dianalisis secara otomatis oleh Google Analitycs.
Pada bagian kode tersebut kita akan diberikan 2 jenis kode tracking yaitu ga.js dan urchin.js. Kalo gw menyarankan untuk menggunakan yang versi ga.js karena lebih banyak yang menyarankan untuk memilih jenis ini saja karena akan lebih kaya feature. Berikut adalah skrinsut dari kode GA
Skrinsut GA
Bagaimana cara memasangnya di website atau blog?
Berikut merupakan cara memasang “tracking code” dari google analytics di blog wordpress.org adalah cukup mudah yaitu dengan melakukan copy pada kodenya kemudian paste pada bagian footer.php di bagian atas tag akhir dari body atau sebelumtag </body> lalu save dan GA telah terpasang di wbsite atau blog kita. Yang perlu kita lakukan setelah itu adalah menunggu sebentar karena GA sedang melakukan pengumpulan data dari blog kita.
Bagi yang tidak mau repot untuk mengoprek code-code HTML solusi mudahnya adalah memasang plugin WP Google Analytics yang bisa kamu dapatkan disini dan disini. Cara ini cukup mudah karena kita hanya perlu mengaktifkan saja plugin ini dan langsung otomatis berjalan. Bagi website lain yang tidak berbasis wordpress.org bisa juga memasang GA yang penting kode trackingnya dipasang sebelum tag </body>. Tetapi untuk blog yang berbasis wordpress.com atau wp gratisan ga bisa karena wp sudah memiliki analisis statistik sendiri jadi ga perlu lagi untuk menambahkan Google Analytics ke dalamnya.
Beberapa keuntungan lain yang dapat diperoleh dari Google Analytics adalah :
- Melihat SiteUsage dengan Google Analytic.
- Memanfaatkan GeoMap Overlay di Google Analytics.
- Melihat Data lama waktu berkunjungnya visitor ke website kita.
- Mengetahui apakah pengunjung dari situs kita merupakan pengunjung baru atau lama.
- Melihat Halaman yang Paling banyak diakses oleh Pengunjung.
dan masih banyak lagi keuntungannya, silahkan dicari sendiri aja yah.. hehe. Ada yang berpendapat “Buat apaan sih memasang google analytics, kan website atau blog saya ditujukan bukan untuk mencari traffik pegunjung ?”  Sebenarnya fungsi dari Google Analytics adalah lebih kepada feedback kepada pemilik website atau blog, jadi seorang pemilik blog bisa melihat tren pengunjung blognya dan ke arah mana pengunjung lebih tertarik pada blog kita..

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar