Affiliate

shares |



Affiliate marketing adalah sebuah cara mendapatkan penghasilan dari internet melalui kerjasama antara merchant dan affiliate marketer . Bisnis ini pada dasarnya merupakan bagian dari e-commerce, dimana seorang affiliate marketer mendapatkan bayaran dari merchant atas jasanya menjualkan produk mereka.
Apa itu Merchant?
Merchant itu sendiri adalah suatu perusahaan atau orang pribadi yang memiliki produk atau jasa untuk dijual. Untuk memasarkan produknya ia membuat sebuah program Affiliate Marketing..
Nah affiliate marketer itu adalah orang yang membantu mempromosikan produk/jasa merchant dengan komisi/imbalan tertentu.
Disini ada proses simbiosis mutualisme.. merchant mendapatkan customer secara lebih mudah, sedangkan affiliate marketer memperoleh keuntungan tanpa harus membuat dan memiliki produk sendiri. Untuk setiap produk yang berhasil dijual, mereka akan mendapatkan komisi. Besarnya komisi bervariasi mulai dari 1 % (biasanya untuk barang mahal dari produsen terkenal), 10-20% (biasanya barang-barang elektronik seperti TV, Compo, DVD, dll) sampai dengan 50% (biasanya untuk barang kecil seperti eBook, keanggotaan website, dll).
Simplenya, jika kita menjadi seorang afiiliate merketer dari sebuah perusahaan itu artinya kita termasuk ke dalam salah satu anggota jajaran sales online mereka.
So, Affiliate Marketing pada umumnya diterapkan oleh situs yang menjual barang/jasa (pay per sale), tapi ada juga yang menawarkan transaksi dalam bentuk lain, seperti dibayar per klik (pay per click), dibayar untuk setiap orang yang searching dengan menggunakan box tertentu dari website kita (pay per search), atau dibayar untuk setiap prospek yang datang lalu meninggalkan identitasnya di website (pay per lead).

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar