tekhnology yang mempertemukan mereka di burger & grill depok

shares |

Sabtu, 28 Agustus kemarin puluhan blogger Depok yang tergabung dalam deBlogger(Komunitas Blogger Depok) menggelar kopdar (kopi darat) sekaligus ngabubur-IT di bulan Ramadhan ini barengInternet Sehat. Acara yang bertajuk “Jangan Takut Tetap Posting” ini diselenggarakan di Burger and Grill Margonda.
Acara dimulai dengan sharing yang dibawakan olehIlman Akbar, seorang enterpreuner muda yang juga salah seorang pencetus ideanakUI.com yang merupakan sarana berkumpulnya blogger yang berasal dari mahasiswa UI . Ada beberapa point yang bisa kita garis bawahi dalam sharing ini, antara lain:
  • Temukan passion melalui ngeblog
  • Dari passion coba jadikan sebagai lahan usaha
  • Bedakan antara ngeblog dan usaha. Blog sebagai sarana penuangan ide dan pikiran serta berbagi dan usaha berada di sisi yang lain yang harus dipisahkan
  • Jejaring sosial merupakan salah satu sarana untuk menjaring pertemanan dan informasi, bukan sebagai sarana untuk usaha
Acara dilanjutkan dengan pengumuman Lomba Blog MyPulau Telkomsel bersama deBlogger. Acara makin seru karena tiap sesi pasti dilanjutkan dengan tanya-jawab. Di bagian ketiga acara berlanjut dengan sosialisasiPesta Blogger (PB) 2010Shinta Setiawan selaku perwakilan dari kepanitiaan PB2010 menyatakan bahwa PB kali ini akan didedikasikan bagi komunitas, artinya akan diberi ruang yang seluas-luasnya bagi komunitas untuk menampilkan eksistensi dan prestasi masing-masing. Wah keren ya, kita nantikan aja PB 2010 ini di penghujung Oktober tahun ini.
Tibalah pada acara inti yaitu presentasi dari internet sehat. Materi presentasi dibawakn dengan lugas dan ringan sehingga sangat menarik bagi peserta. Ada beberapa catatan penting menurut saya dari materi yang disampaikan, antara lain:
  • Tetaplah seorang blogger pada fitrahnya, yaitu menulis. Jangan pernah takut untuk menyuarakan isi kepala dan hati kita
  • Konsisten pada kode etik sebagai blogger
  • Peraturan pemerintah yang melakukan filter merupakan peraturan yang sebaiknya dapat ditinjau lebih jauh akan dampak baik dan buruknya terhadap masyarakat, sehingga keamanan berinternet tidak hanya ada sebagai sesuatu yang semu.
  • Banjiri internet dengan tulisan-tulisan positif sehingga masyarakat dapat melihat bahwa internet bermanfaat dan tidak hanya dipandang sebagai sesuatu yang negatif.
  • Melakukan filter pribadi adalah kunci utama dalam berinternet sehat
Acara ini selain merupakan ajang sharing pengetahuan dan untuk menjalin silaturahim ternyata juga merupakan sarana untuk mendapatkan aneka hadiah menarik. Dari pemberi pertanyaan terbaik, pemenang kuiz, sampai peserta yang melakukan livetweet terbaik semua mendapatkan hadiah. Nah ini adalah foto teman-teman peserta yang beruntung :

Acara yang terbilang singkat ini sangat mengesankan. Sukses buat deBlogger dan internet sehat sebagai penyelenggara. Ada sesuatu yang bisa dibawa pulang oleh peserta acara ini, setidaknya mereka tidak akan takut lagi untuk posting di blog masing-masing selama mampu melakukan filter untuk diri sendiri.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar