Ribuan Siswa Depok Lolos PTN dan Macam-macam Perguruan Tinggi Di Kota Depok Tercinta

shares |

Ribuan siswa SMA di Kota Depok diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Mereka diterima melalui berbagai jalur. Di antaranya Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN), Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI).
RIBUAN siswa di Depok dipastikan diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Dari hitungan bisa mencapai sekitar 2.000 siswa. Untuk SMPTN jumlah pastinya baru bisa diketahui nanti," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan Kota Depok Siti Chaeriah, Sabtu (17/7).
Siti menjelaskan, berdasarkan data yang diperolehnya untuk dua Rintisan Sekolah Berbasis internasional (RSBI) dan SMAN 3 Depok jumlah siswanya yang diterima di PTN berkisar antara 8O9O persen. Sedangkan untuk SMAN 4-6 berkisar 70 persen.
RSBI SMAN 1 Depok rata-rata diterima di PTN sebanyak 90 persen. Dari 267 siswa, yang diterima di PTN 240 siswa. Jumlah tersebut bisa bertambah.
Kemudian RSBI SMAN 2 Depok juga rata-rata diterima sebanyak 80 persen. Dari jumlah siswa sekitar 260 an, yang diterima sekitar 200 an. Jumlah tersebut juga bisa bertambah. SMAN 3 Depok yang diterima juga 80 persen. Dari 340 an siswa-yang diterima sekitar 250 an. Jumlah tersebut juga bisa bertambah.
Selanjutnya untuk SMAN 4-6 rata-rata per sekolah diterima sebanyak 200 siswa.
Jika hitung secara kasar yang diterima melalui SMPTN itu sebanyak 1.300 an. Untuk program lainnya itu sebanyak 700. Belum ditambah dari sekolah swasta. Jadi siswa SMAN dan SMA swasta yang diterima di PTN itu bisa 2.000 an," tuturnya.
Ia menambahkan, total seluruh siswa SMA di Kota Depok yang melanjutkan ke perguruan tinggi sebanyak 99 persen.
Wakil Kepala Sekolah RSBI SMAN 1 Depok Wirdan Ahyar membenarkan bahwa 90 persen siswanya diterima di PTN melalui jalur SMPTN atau sekitar 240 an dari 267 peserta.
"Kami kira bisa lebih jumlahnya. Itu kan hitungan hari pertama saat pengumuman SMPTN. Salah satu adalah Gilang yang tahun kemarin tidak lulus saat ini lulus," ujarnya.
Metode pembelajaran benar
Siti mengatakan, banyaknya siswa SMA di Kota Depok yang diterima di PTN karena disebabkan metode belajar mengajar yang diterapkan sudah benar. Metode belajar mengajar lebih mengarah kepada mengembangkan kreativitas siswa. Dengan metode itu, proses belajar-mengajar tidak monolog melainkan dialog serta memberikan kesempatan" kepada siswa untuk menuangkan idenya. "Cara mengajar yang diberikan kepada siswa oleh guru dinilai sudah tepat. Namun masih bisa kembangkan lagi. Ini patut disyukuri," ujarnya.
Para siswa pun mempunyai peran besar sehingga mereka dapat diterima di PTN, lanjutnya. Mereka pun tak mengenal lelah belajar untuk meningkatkan kemampuan mereka

Macam-macam Perguruan Tinggi :

  • UNIVERSITAS INDONESIA
    Depok
  • UNIVERSITAS GUNADARMA
    Jl. Margonda Raya No. 100, Pondok Cina
  • AKADEMI KEBIDANAN BHAKTI MITRA HUSADA
    Depok
  • AKADEMI KEBIDANAN BOGOR HUSADA
    Komplek Bella Casa A-6 No. 3, Jl. Raya Siliwangi
  • AKADEMI KEBIDANAN CITAMA RAYA DEPOK
    Depok
  • AKADEMI KEBIDANAN PELITA ILMU
    Depok
  • AKADEMI KEPERAWATAN AKPER RAFLESIA
    Jl. Mahkota Raya No. 32, Komplek Pondok Duta, Cimanggis
  • AKADEMI KIMIA ANALIS CARAKA NUSANTARA
    Komplek Timah, Kelapa Dua, Cimanggis
  • POLITEKNIK NEGERI JAKARTA
    Kampus Baru Universitas Indonesia
  • POLITEKNIK TUGU
    Jl. Akses UI No. 4, Kelapa Dua
  • SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI FAJAR
    Jl. Raya Sawangan No. 112
  • SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI GICI
    Jl. Margonda Raya 22
  • STKIP ARRAHMANIYAH
    Masjid Al-Ittihad No. 8/12 Bojong Pd. Terong, Pancoran Mas

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar