perguruan tinggi gunadarma

shares |

Universitas Gunadarma, Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Tahun  2010 versi Webometrics

Webometrics dalam laporan terakhirnya bulan Juli 2010 telah menempatkan Universitas Gunadarma  sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Webometrics dalam laporan terakhirnya itu juga telah menempatkan Intitut Teknologi Bandung sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Dalam semester sebelumnya Webometrics memposisikan Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat pertama sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia di tahun 2010. Posisi ini berhasil dipertahankan UGM setelah pada 2008 dan 2009 lalu juga berada di posisi teratas. Tahun ini, UGM memang kembali meraih predikat sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics setelah selama dua tahun berturut-turut juga menempati posisi pertama.
Webometric mengeluarkan ranking perguruan tinggi seluruh dunia dalam setiap kurun waktu 6 bulan. Tahun 2010, Indonesia menyumbangkan 17 perguruan tinggi yang masuk dalam daftar Webometrics  100 terbaik Asia Tenggara. Terkait dengan peringkat Webometrics  ini didasarkan atas keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain web masing-masing perguruan tinggi. Pengukurannya menggunakan empat indikator, yakni size, visibility, rich files, dan scholar.
Indikator pertama, size (S), yakni jumlah halaman publikasi elektronik yang terdapat dalam domain web perguruan tinggi. Kedua, visibility (V) ialah jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain perguruan tinggi yang dinilai. Ketiga, rich files (RF), yaitu relevansi sumber elektronik dengan kegiatan akademik dan publikasi perguruan tinggi tersebut. Terakhir, scholar (Sc), yakni jumlah publikasi dan sitasi bermutu pada domain perguruan tinggi. Selanjutnya, data yang telah terkumpul diolah dan digunakan untuk memeringkat lebih kurang 4.000 perguruan tinggi dari seluruh dunia.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar