Pendidikan di kota Depok ...

shares |

Biaya SPP SD di Depok Digratiskan
DEPOK ? Mulai tahun ini Pemkot Depok menggratiskan biaya sumbangan pembangunan pendidikan (SPP) untuk SD se-Kota Depok. Selain itu, Pemkot juga akan memberikan beasiswa bagi siswa SD yang berprestasi.
Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Depok Khamid Wijaya, pemberlakuan SPP gratis tersebut untuk menekan tingkat buta huruf dan anak putus sekolah, termasuk menyukseskan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun.
?APBD Kota Depok belum mampu membebaskan biaya pendidikan secara keseluruhan. Maka itu,untuk pertama difokuskan pada SPP. Anggaran untuk SPP gratis sekitar Rp20 miliar, sedangkan beasiswa dianggarkan sebesar Rp500 juta,? jelas Khamid, Rabu kemarin.
Di tempat terpisah, anggota Komisi D (bidang pendidikan) DPRD Kota Depok Agnes Marlyn Pantow mengatakan, meski terlambat, pemberlakuan SPP gratis sudah tepat. ?Makanya saat Pemkot mengajukan rencana SPP gratis, Dewan merespons positif. Tinggal bagaimana Dinas Pendidikan (Disdik) mengefektif dan memaksimalkannya,? ujar Agnes.
Untuk itu, lanjut Agnes, DPRD meminta Disdik mengawasi pelaksanaan SPP gratis tersebut. Jangan sampai ada sekolah yang melakukan pungutan SPP.?Dana bantuan operasional sekolah dari pemerintah pusat saja disalahgunakan sekolah.Kami khawatir penyalahgunaan itu juga terjadi di SPP. Pemkot dalam hal ini Disdik harus tegas. SD yang masih memungut SPP harus ditindak tegas,? tegasnya.
Senada dengan Agnes, anggota Komisi D lainnya, Syihabudin, mengatakan bahwa alokasi dana untuk pendidikan di Kota Depok baru 11,8%, belum mencapai 20% seperti yang diamanatkan UUD 1945.?Namun, alokasi 11,8% itu sudah cukup baik untuk ukuran Kota Depok yang pendapatan asli daerahnya masih kecil,? terangnya.
Dalam Anggaran Pembangunan Belanja Daerah Kota Depok 2008, tambah Syihabudin, anggaran bagi pendidikan sebesar Rp300 miliar. Anggaran sebesar itu untuk belanja langsung dan tidak langsung.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar