lezatnya dark chocolates,,

shares |

Hummm… siapa sih si sahabat ini? dia itu sahabat kamu kok.. sahabat saya.. dan sahabat kita semua.. terutama di kala duka.. bisa di temuin dimana aja.. hampir di setiap mini market (loh?).
Hahaha.. pasti pada bingung.. ini loh.. si sahabat yang di maksud ini adalah si COKLAT! Hari gini pasti gampang banget nemu coklat.. coklat ada dimana-mana.. setiap beberapa meter mall yang kita datangi pasti ada nuansa coklat, pink dan bunga. Secara yaaaa.. mau valentine.. walaupun ada dari kita (termasuk saya) yang tidak merayakan valentine, tapi nuansanya tetap terasa dimana-mana.
Pasti banyak yang merasa heran, kenapa coklat menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari valentine, selain bunga dan ornament berwarna pink. Alasan mengapa banyak orang memberikan coklat untuk orang tersayang adalah karena coklat sering dianggap sebagai makanan cinta. Hal ini disebabkan karena coklat memiliki tekstur yang lembut dan akan lumer secara perlahan saat dikulum dalam mulut. Ini memberikan kesan sensual bagi orang yang memakannya. Selain itu, coklat dapat memberikan efek nyaman, rileks dan dapat meningkatkan gairah seksual.
Rasa nyaman yang ditimbulkan setelah menikmati coklat bukan hanya perasaan saja, karena coklat mengandung ratusan zat yang memungkinkan terjadinya reaksi kimia di otak. Zat-zat inilah yang merangsang aktifnya serotonin di otak yang selanjutnya akan memicu perasaan nyaman seseorang. Selain itu, zat terbanyak yang terkandung dalam coklat adalah theobromine yang dapat menstimulasi jaringan saraf dan jantung yang membuat kita terjaga dan bersemangat.
Selain alasan di atas, coklat menjadi teman baik karena coklat memang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Coklat ini mengandung antioksidan yang besarnya 3 kali lipat dari teh hijau yang selama ini dianggap sebagai sumber antioksidan. Belum lagi vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, Vitamin D dan juga Vitamin E serta kalsium, kalium dan zat besi. Makanya para wanita yang sedang PMS sering di sarankan mengudap coklat, selain karena bisa menenangkan, tapi juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.  Kalau untuk kecantikan, biasanya coklat digunakan untuk lulur karena kandungan antioksidannya itu, lulur coklat dianggap bisa mencegah penuaan dini.
Coklat sendiri ada 3 macam.
  1. Dark Chocolate, yang mengandung biji coklat paling tinggi. Yaitu sekitar 70%. Paling sedikit kadar gula dan lemaknya.
  2. White chocolate, adalah coklat berwarna putih yang mengandung sekitar 33% biji coklat. Sisanya adalah gula, susu dan vanilla. Makanya rasanya pun manis. Tapi efek negatifnya adalah bisa menyebabkan kerusakan gigi dan diabetes.
  3. Milk Chocolate, coklat susu ini adalah campuran dari biji coklat dan susu. Hingga rasanya pun enak dan paling disukai.
Namun, dari seluruh kelebihan dan keunggulan coklat, konsumsi coklat yang terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Yah.. memang semua yang berlebihan, tentu tidak baik, bukan? Selain itu juga hati-hati dengan konsumsi fondant dan beberapa macam praline yang mengandung 100% pemanis. Coklat warna-warni seperti ini bukanlah coklat sebenarnya. Karena lebih banyak mengandung gula dan pemanis serta pewarna. Sehingga konsumen sendiri sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengkonsumsinya.
kalau di depok sendiri, banyak sekali tempat yang bisa memanjakan lidah kita dengan kelezatan coklat yang nikmat.. selain di cafe-cafe, tentunya cafe de chocolate yang ada di areal food court depok town square, coklat Qta-Qta di jalan juanda, atau the harvest cabang depok yang ada di jalan margonda semuanya bisa jadi alternatif tempat untuk menikmati coklat.
tapi.. klo mau sedikit repot, membuat coklat hangat di rumah pun, tidak kalau menyenangkannya sebagai teman di kala suasana duka, sumpek dan kusut di hati.. ^_^
selamat menikmati coklaaaat.. ^o^

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar