buah khas DEPOK ...

shares |

Siapa yang tak kenal dengan buah belimbing? Buah yang berwarna kuning,  berbentuk seperti bintang (makanya dikenal juga sebagai star fruit), dengan rasa manis yang menggoda. Tapi sayang, hanya sedikit sekali dari kita yang menjadikan buah belimbing sebagai buah favoritnya. Buah ini memang kalah tenar dengan buah lainnya yang tumbuh subur di Indonesia.
Padahal belimbing memiliki khasiat yang cukup baik buat kesehatan. belimbing  manis kaya akan pektin yaitu zat yang mampu menjerat kolesterol, mencegah hepatitis atau penyakit pengerasan hati, dan asam empedu yang terdapat dalam usus dan membantu pembuangannya. Seratnya juga bermanfaat memperlancar proses pencernaan. Buat yang sedang melakukan program diet, boleh menjadikan buah ini sebagai buah favorit untuk menjaga tubuh menjadi langsing.

Selain itu belimbing yang manis dapat juga menyembuhkan batuk, demam, kencing manis dan kolesterol tinggi, dan meredakan sakit tenggorokan. Dalam literatur Tanaman Obat Indonesia (TOI) disebutkan, jika dicampur madu dapat mencegah dan mengatasi kencing batu. So, selain rasa manis dan enak diminum, belimbing bermanfaat bagi kesehatan
Salah satu potensi pertanian yang cukup potensial di kawasan Depok adalah Pertanaman Belimbing.  Belimbing tumbuh subur di 6 Kecamatan yaitu Pancoran Mas, Beji, Sukmajaya, Limo, Sawangan, Cimanggis. Prospektif dikembangkan di kota Depok dan kini telah menjadi buah unggulan kota Depok karena secara komparatif Buah Belimbing Dewa Depok Lebih unggul dibandingkan buah belimbing yang lainnya yang ada di Indonesia. Hal ini diketahui pada setiap Event Lomba Buah Unggul dan pameran-pameran buah Nasional serta Internasional, Buah Belimbing Dewa ini lebih unggul dan selalu menjuarai sebagai buah unggul nasional versi Trubus.
Tapi sayang, usaha Bapak Walikota untuk menjadikan belimbing sebagai ikon Depok dirasakan belum berhasil. Ini dapat dilihat dari masih sedikitnya buah belimbing yang dijual di pasar-pasar, toko buah dan supermarket di Depok. Masyarakat juga tidak diedukasi akan manfaat dan pengolahan buah belimbing secara kreatif.  Sehingga ikon yang seharusnya menjadi symbol sebuah kota tidak mampu mengangkat citra kota tersebut.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar